RPP PKn SMP Kelas VIII sem 2



PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran           : Kewarganegaraan
Materi Pokok             : Demokrasi Dalam Berbagai Aspek
Kelas / Semester        : VIII / 2
Waktu                       : 2 pert x 2 X 40 menit
Pertemuan ke-                       : 1 s.d. 2
KKM                         : 76

I.          Standar Kompetensi :
·         Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan

II.       Kompetensi Dasar :
·           Menjelaskan hakekat demokrasi dan macam demokrasi

III.     Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat Menjelaskan hakekat demokrasi


IV.    Indikator

Setelah akhir pembelajaran  kompetensi yang diharapkan siswa dapat :
  1. Mendefinisikan konsep demokrasi
  2. Menjelaskan macam-macam dari bagai mana aspirasi rakyat disampaikan
  3. Menjelaskan macam demokrasi dari ideologi
  4. Menjelaskan macam macam demokrasi dari wilayah
  5. Contoh-contoh sikap perilaku yang bertentangan dengan Pancasila sebagai bentuk korupsi di Indonesia.
  6. Alasan orang tidak boleh melakukan penggelapan, pemalsuan, pemborosan, kolusi, nepotisme, persaingan tidak sehat, dsb.
  7. Pentingnya hidup mandiri, disiplin, kerja keras, hemat dan bertanggung jawab dalam menghadapi segala tantangan.
  8.  

V.       Materi Pembelajaran :
a.       Pengertian pengertian demokrasi
b.      Menjelaskan macam demokrasi dari bagaimana aspirasi disampaikan
c.       Macam demokrasi dari ideologi
d.      Macam demokrasi dari wilayah

VI.   Pendekatan dan Model Pembelajaran :
Pendekatan                        : CTL dan CL
Model                    : Konstruktivisme dengan NHT
VII.            Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter antara lain
·                     Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·                     Menghargai pendapat
·                     Musyawarah untuk mufakat
·                     Gotonh Royong
·                     Patriotisme
·                     Nasionalisme
·                     Tanggung Jawab
·                     Percaya Diri
VIII.          
Strategi dan Langkah- langkah :

No

Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
1
Pendahuluan :
a.       Cek kehadiran
b.      Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber belajar dan kesiapan belajarnya.
c.       Yel-yel
d.      Apersepsi :
Guru menanyakan apakah kalian sering diajak berdialog oleh orang tua dalam menentukan aturan di keluarga.
e.       Pengetahuan Prasyarat :
Semua SK semester 1
f.       Informasi kompetensi yang ingin dicapai
g.       Penjajagan materi dengan bertanya berasal dari kata apakah konsep demokrasi.
h.      Siswa duduk dalam kelompok belajar kecil, dengan mempertimbangkan siswa pintar dan siswa biasa, dan bernomor.


10’

2

Kegiatan Inti :
a.       Suruh siswa untuk menempel gambar/photo pemilu/pilkada/pilkades/rapat*)
b.      Siswa mengeksplor pandangannya untuk mengomentari gambar, yakni pemilu/pilkada/pilkades/rapat*) bagaimana yang kalian kehendaki.
c.       Klarifikasi pelaksanaan pemilu yang benar..
d.      Siswa berdiskusi menganalisis buku sumber untuk menemukan :
1.      Pengertian konsep demokrasi
2.      Sejarah pelaksanaan demokrasi pertama
3.      Perbandingan demokrasi langsung dengan tidak langsung
4.      Pengertian DP
5.      Ciri dan keunggulan DP
6.      Landasan Pelaksanaan DP.
7.      Perbandingan DP dengan demokrasi barat.


50’

3

Penutup :
a.       Refleksi
1.      Analisis kesulitan siswa menyelesaikan tugas.
b.      Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
1.      Pengkajian ulang di rumah materi yang didiskusikan.
2.      Presentasi minggu depan sesuai model NHT

20’

Pertemuan 2

No

Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
1
Pendahuluan :
a.       Cek kehadiran
b.      Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber belajar dan kesiapan belajarnya.
c.       Yel-yel
d.      Apersepsi :
Guru menanyakan kesiapan presentasi tugas minggu lalu
Seting ruang dan kelompok tugas presentasi.

10’

2

Kegiatan Inti :
a.       Siswa yang bernomor 1 dari tiap kelompok mewakili untuk mempresentasikan hasil diskusi
b.      Kelompok lain memberikan tanggapan.
c.       Klarifikasi kebenaran hasil diskusi semua kelompok dalam diskusi kelas.
d.      Pemberian reward kepada kelompok dengan penampilan dan kerjasama terbaik.


50’

3

Penutup :
a.       Tunjuk salah seorang siswa untuk merefleksi tentang materi yang telah dibahas bersama.
b.      Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
c.       Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
1.      Pengkajian ulang di rumah materi yang sudah diajarkan.
2.      Pelajari materi minggu depan yakni pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat.

20’

IX.    Sarana dan Sumber Pembelajaran
1.      Photo/ gambar Pemilu/Pilkada/Pilkades/Sidang
2.      Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
3.      UUD 1945 hasil amandemen
4.      Lembar pengamatan penilaian

X.       Penilaian dan Tindak Lanjut

Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1.      Mendefinisikan konsep demokrasi
2.      Menguraikan sejarah pelaksanaan demokrasi pertama
3.      Menjelaskan macam-macam pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan bernegara
4.      Menjelaskan hakekat demokrasi Pancasila dan pelaksanaannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Tes Tertulis
Uraian
a.   Demokrasi berasal dari bahasa Yunani  yakni kata demos dan kratein, jelaskan.
b.   Dimanakah pertama kali demokrasi dilaksanakan?
c.   Apa bedanya pelaksanaan demokrasi langsung dengan demokrasi tidak langsung?
d.   Mengapa demokrasi langsung untuk dewasa ini sangat sulit dilaksanakan, terutama dalam pemilihan presiden
e.   Apa yang dimaksud dengan demokrasi Pancasila
f.    Jelaskan cirri keunggulan DP?
g.   Apa landasan pelaksanaan DP?
h.   Pelaksanaan Demokrasi di tiap Negara dipengaruhi ideology negaranya masing-masing. Jelaskan!
i.     Sebutkan 2 demokrsai barat. Jelaskan !
j.     Isilah bagah berikut ini:



1.      Kinerja (pengamatan diskusi dan kerja kelompok), dengan format :

No
Nama
Aktivitas Dalam Pembelajaran
Total
Minat/ Motivasi
Kreativitas
Bertanya
Menjawab
Kerjasama
Kesungguhan & Partisipasi
Sikap
1
…….









No
Jenis Demokrasi
Ciri Pelaksanaanya
Negara Penganutnya
1
Demokrasi Pancasila


2
Demokrasi Liberal


3
Demokrasi Rakyat/Sosialis



2.      Produk (laporan hasil diskusi), dengan format:

No
Nama
Laporan Hasil Diskusi Kelompok
Ketepatan waktu mengumpulkan
Kerapihan Catatan
Kelengkapan
Bahasa sesuai EYD
Kedalaman isi analisis
Sistematika
Total
Nilai
1
2
…….
…….








3.      Penyajian hasil diskusi, dengan format:

No
Nomor  /Kelompok
Penyajian Hasil Diskusi
Penampilan
Isi
Penguasaan Materi
Teknik Bicara
Sistematika
Gaya Bahasa
Total
Nilai
1
2
…….
…….










PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran           : Kewarganegaraan
Materi Pokok             : Demokrasi Dalam Berbagai Aspek
Kelas / Semester        : VIII / 2
Waktu                       : 2 pert x 2 X 40 menit
Pertemuan ke-                       : 1 s.d. 2
KKM                         : 76

I.                    Standar Kompetensi :
·         Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan

II.       Kompetensi Dasar :
·           Menjelaskan hakekat demokrasi dan macam demokrasi

III.     Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat Menjelaskan hakekat demokrasi diharapkan siswa
Dapat  1. Mejelaskan sejarah lahirnya demokrasi
2.      Menjelaskan tenggelamnya demokrasi
3.      Menjelaskan bangkitnya demokrasi
4.      Menjelaskan rule of law


IV.    Indikator

  1. Menguraikan sejarah lahirnya demokrasi
  2. Menjelaskan sebab sebab tenggelamnya demokrasi
  3. Menjelaskan munculnya demokrasi
  4. Menjelaskan rule of law
  5. Contoh-contoh sikap perilaku yang bertentangan dengan Pancasila sebagai bentuk korupsi di Indonesia.
  6. Alasan orang tidak boleh melakukan penggelapan, pemalsuan, pemborosan, kolusi, nepotisme, persaingan tidak sehat, dsb.
  7. Pentingnya hidup mandiri, disiplin, kerja keras, hemat dan bertanggung jawab dalam menghadapi segala tantangan.
  8.  

V.       Materi Pembelajaran :
a.       Menguraikan lahirnya demokrasi di polis athena
b.      Menjelaskan tenggelamnya demokrasi
c.       Menjelaskan bangkitnya demokrasi
d.      Menjelaskan rule of law

VI.   Pendekatan dan Model Pembelajaran :
Pendekatan                        : CTL dan CL
Model                    : Konstruktivisme dengan NHT
VII.            Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter antara lain
·                     Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·                     Menghargai pendapat
·                     Musyawarah untuk mufakat
·                     Gotonh Royong
·                     Patriotisme
·                     Nasionalisme
·                     Tanggung Jawab
·                     Percaya Diri
VIII.          
Strategi dan Langkah- langkah :

No

Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
1
Pendahuluan :
i.        Cek kehadiran
j.        Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber belajar dan kesiapan belajarnya.
k.      Yel-yel
l.        Apersepsi :
Guru menanyakan apakah kalian sering diajak berdialog oleh orang tua dalam menentukan aturan di keluarga.
m.    Pengetahuan Prasyarat :
Semua SK semester 1
n.      Informasi kompetensi yang ingin dicapai
o.      Penjajagan materi dengan bertanya berasal dari kata apakah konsep demokrasi.
p.      Siswa duduk dalam kelompok belajar kecil, dengan mempertimbangkan siswa pintar dan siswa biasa, dan bernomor.


10’

2

Kegiatan Inti :
e.       Suruh siswa untuk menempel gambar/photo pemilu/pilkada/pilkades/rapat*)
f.       Siswa mengeksplor pandangannya untuk mengomentari gambar, yakni pemilu/pilkada/pilkades/rapat*) bagaimana yang kalian kehendaki.
g.       Klarifikasi pelaksanaan pemilu yang benar..
h.      Siswa berdiskusi menganalisis buku sumber untuk menemukan :
8.      Pengertian konsep demokrasi
9.      Sejarah pelaksanaan demokrasi pertama
10.  Perbandingan demokrasi langsung dengan tidak langsung
11.  Pengertian DP
12.  Ciri dan keunggulan DP
13.  Landasan Pelaksanaan DP.
14.  Perbandingan DP dengan demokrasi barat.


50’

3

Penutup :
c.       Refleksi
2.      Analisis kesulitan siswa menyelesaikan tugas.
d.      Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
3.      Pengkajian ulang di rumah materi yang didiskusikan.
4.      Presentasi minggu depan sesuai model NHT

20’

Pertemuan 2

No

Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
1
Pendahuluan :
e.       Cek kehadiran
f.       Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber belajar dan kesiapan belajarnya.
g.       Yel-yel
h.      Apersepsi :
Guru menanyakan kesiapan presentasi tugas minggu lalu
Seting ruang dan kelompok tugas presentasi.

10’

2

Kegiatan Inti :
e.       Siswa yang bernomor 1 dari tiap kelompok mewakili untuk mempresentasikan hasil diskusi
f.       Kelompok lain memberikan tanggapan.
g.       Klarifikasi kebenaran hasil diskusi semua kelompok dalam diskusi kelas.
h.      Pemberian reward kepada kelompok dengan penampilan dan kerjasama terbaik.


50’

3

Penutup :
d.      Tunjuk salah seorang siswa untuk merefleksi tentang materi yang telah dibahas bersama.
e.       Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
f.       Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
1.      Pengkajian ulang di rumah materi yang sudah diajarkan.
2.      Pelajari materi minggu depan yakni pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat.

20’

IX.    Sarana dan Sumber Pembelajaran
5.      Photo/ gambar Pemilu/Pilkada/Pilkades/Sidang
6.      Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
7.      UUD 1945 hasil amandemen
8.      Lembar pengamatan penilaian

X.       Penilaian dan Tindak Lanjut

Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
5.      Mendefinisikan konsep demokrasi
6.      Menguraikan sejarah pelaksanaan demokrasi pertama
7.      Menjelaskan macam-macam pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan bernegara
8.      Menjelaskan hakekat demokrasi Pancasila dan pelaksanaannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Tes Tertulis
Uraian
a.   Demokrasi berasal dari bahasa Yunani  yakni kata demos dan kratein, jelaskan.
b.   Dimanakah pertama kali demokrasi dilaksanakan?
c.   Apa bedanya pelaksanaan demokrasi langsung dengan demokrasi tidak langsung?
d.   Mengapa demokrasi langsung untuk dewasa ini sangat sulit dilaksanakan, terutama dalam pemilihan presiden
e.   Apa yang dimaksud dengan demokrasi Pancasila
f.    Jelaskan cirri keunggulan DP?
g.   Apa landasan pelaksanaan DP?
h.   Pelaksanaan Demokrasi di tiap Negara dipengaruhi ideology negaranya masing-masing. Jelaskan!
i.     Sebutkan 2 demokrsai barat. Jelaskan !
j.     Isilah bagah berikut ini:



4.      Kinerja (pengamatan diskusi dan kerja kelompok), dengan format :

No
Nama
Aktivitas Dalam Pembelajaran
Total
Minat/ Motivasi
Kreativitas
Bertanya
Menjawab
Kerjasama
Kesungguhan & Partisipasi
Sikap
1
…….









No
Jenis Demokrasi
Ciri Pelaksanaanya
Negara Penganutnya
1
Demokrasi Pancasila


2
Demokrasi Liberal


3
Demokrasi Rakyat/Sosialis



5.      Produk (laporan hasil diskusi), dengan format:

No
Nama
Laporan Hasil Diskusi Kelompok
Ketepatan waktu mengumpulkan
Kerapihan Catatan
Kelengkapan
Bahasa sesuai EYD
Kedalaman isi analisis
Sistematika
Total
Nilai
1
2
…….
…….








6.      Penyajian hasil diskusi, dengan format:

No
Nomor  /Kelompok
Penyajian Hasil Diskusi
Penampilan
Isi
Penguasaan Materi
Teknik Bicara
Sistematika
Gaya Bahasa
Total
Nilai
1
2
…….
…….










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran         : Kewarganegaraan
Materi Pokok           : Demokrasi dalam berbagai aspek
Kelas / Semeseter    : VIII / 2
Waktu                      : 3 pert X 2 X 40 menit
Pertemuan ke-         : 2


I.          Standar Kompetensi :
Memahami pelaksaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan

II.       Kompetensi Dasar :
Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

III.     Tujuan Pembelajaran
Menjelaskan  sebab sebab Indonesia enganut demokrasi liberal
Menguraikan demokrasi terpimpin
Menguraikan demokrasi Pancasila
Menguraikan demokrasi ekonomi
Menguraikan demokrasi pendidikan.


IV.    Indikator
Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat :
1.      Menjelaskan masa demokrasi liberal
2.      Menguraikan masa demokrasi terpimpin
3.      Menguraikan madsa demokrasi pancasila
4.      Menguraikan demokrasi ekonomi
5.      Menguraikan demokrasi pendidikan.
6.     Contoh-contoh sikap perilaku yang bertentangan dengan Pancasila sebagai bentuk korupsi di Indonesia.
7.     Alasan orang tidak boleh melakukan penggelapan, pemalsuan, pemborosan, kolusi, nepotisme, persaingan tidak sehat, dsb.
8.     Pentingnya hidup mandiri, disiplin, kerja keras, hemat dan bertanggung jawab dalam menghadapi segala tantangan.
9.       


V.       Materi Pembelajaran :
1.      Masa demokrasi liberal
2.      Masa demokrasi terpimpin
3.      Masa demokrasi Pancasila
4.      Demokrasi ekonomi
5.      Demokrasi pendidikan

VI.    Pendekatan dan Model Pembelajaran :
Pendekatan           : CTL dan CL
Model                   :

VII.            Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter antara lain
·                     Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·                     Menghargai pendapat
·                     Musyawarah untuk mufakat
·                     Gotonh Royong
·                     Patriotisme
·                     Nasionalisme
·                     Tanggung Jawab
·                     Percaya Diri
VIII.          
Langkah-langkah
Pertemuan 1

No

Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
1
Pendahuluan :
a.       Cek kehadiran
b.      Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber belajar dan kesiapan belajarnya.
c.       Apersepsi :
Guru mengaitkan materi minggu lalu.
d.      Pengetahuan Prasyarat :
Arti demokrasi dan demokrasi Pancasila. Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
e.       Penjajagan materi.
f.       Siswa duduk dalam kelompok yang telah dibentuk.
g.       Semua siswa melantunkan “yel-yel” yang telah dipersiapkan untuk membuat kelas belajar menjadi semangat.

10’

2

Kegiatan Inti :
a.       Siswa berdiskusi kelompok, mengkaji, mengamati realitas untuk menemukan:
1.      Arti penting pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara :
2.      Ciri-ciri pemerintahan demokratis di bawah Rule Of Law dan analisis pelaksanaannya.
b.      Siswa  yang bernomor tertentu (melanjutkan) mempresentasikan hasil temuan diskusinya, ditanggapi kelompok lainnya.
c.       Klarifikasi kebenaran hasil diskusi bersama guru.

50’

3

Penutup :
a)      Refleksi; perenungan bahwa bangsa akan hancur (seperti Uni Soviet) kalau pemerintahannya tidak demokrasi (otoriter).
b)      Tindak lanjut (penugasan untuk melanjutkan pengkajian di rumah dalam kelompok belajarnya)
Bawalah Koran, majalah dll, untuk mengungkap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai bidang kehidupan.


20’

Pertemuan 2

No

Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
1
Pendahuluan :
a.       Cek kehadiran
b.      Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber belajar dan kesiapan belajarnya.
c.       Apersepsi :
Guru menanyakan bawaan Koran dll.
d.      Pengetahuan Parasyarat :
Arti penting dan cirri pemerintahan demokratis.
e.       Informasi tujuan yang ingin dicapai
f.       Penjajagan materi dengan bertanya bagaimana pelaksanaan demokrasi dalam bidang politik.
g.       Siswa duduk dalam kelompok yang telah dibentuk.
h.      Semua siswa melantunkan “yel-yel” yang telah dipersiapkan untuk membuat kelas belajar menjadi semangat.

10’

2

Kegiatan Inti :
a.       Siswa berkelompok menganalisis, mengamati dan mengkaji buku sumber, koran dan majalah untuk menemukan :
1.      Pelaksanaan demokrasi dalam bidang politik
2.      Pelaksanaan demokrasi dalam bidang ekonomi
3.      Pelaksanaan demokrasi dalam bidang sosial budaya
4.      Pelaksanaan demokrasi dalam bidang hukum
b.      Ssiwa menggunting dan memberikan komentar gambar/photo Koran dan majalah yang ada kaitannya dengan materi di atas.

50’

3

Penutup :
a)      Refleksi kesulitan siswa dalam mengerjakan tugas.
b)      Tindak lanjut dan penugasan :
Lengkapi kajian dan guntingan koran dll di rumah dan lakukan wawancara untuk menganalisis sejauhmana pelaksanaan demokrasi dalam setiap aspek itu di Negara kita.
Minggu depan presentasi tiap kelompok.


20’

Pertemuan 3

No

Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
1
Pendahuluan :
a.       Cek kehadiran
b.      Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber belajar dan kesiapan belajarnya.
c.       Apersepsi :
Guru menanyakan tugas minggu lalu.
d.      Siswa duduk dalam kelompok yang telah dibentuk.
e.       Semua siswa melantunkan “yel-yel” yang telah dipersiapkan untuk membuat kelas belajar menjadi semangat.

10’

2

Kegiatan Inti :
a.       Setiap siswa yang bernomor tertentu (melanjutkan) dalam setiap kelompoknya mempresentasikan hasil pengkajian materi minggu lalu :
b.      Kelompok yang sudah presentasi, memasang guntingan Koran dll di papan tulis.
c.       Setiap kelompok lainnya memberikan tanggapan untuk memberikan kelengkapan materi yang dikaji.
d.      Klarifikasi kebenaran dan kelengkapan kajian dibantu guru.


50’

3

Penutup :
a)      Tunjuk salah seorang siswa untuk merefleksi tentang materi yang telah dibahas bersama.
b)      Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
c)      Tindak lanjut dan penugasan :
Pelajari materi untuk minggu depan.

20’

IX.    Sarana dan Sumber Pembelajaran
1.      Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
2.      Koran, majalah dll
3.      Lembar pengamatan belajar

X.       Penilaian dan Tindak Lanjut:

Pengetahuan Kewarganegaraan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1.   Menjelaskan pentingnya demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2.   Menguraikan ciri-ciri pemerintahan yang demokrastis
3.   Menunjukkan contoh pelaksana an demokrasi dalam segala aspek kehidupan poleksosbudkum.

Tes Tertulis
Uraian
1.      Apa pentingnya pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan berbansa dan bernegara?
2.      Apa cirri-ciri pemerintahan yang demokrastis di bawah Rule Of Law ?
3.      Bagaimana pelaksanaan demokrasi dalam bidang politik?
4.      Bagaimana pelaksanaan demokrasi dalam bidang ekonomi?
5.      Bagaimana pelaksanaan demokrasi dalam bidang sosial budaya?
6.      Bagaimana pelaksanaan demokrasi dalam bidang hukum?



1.      Watak Kewarganegaraan (Minat dan keterampilan proses)

No
Nama
Aktivitas Dalam Pembelajaran
Total
Minat/ motivasi
Kreativitas
Bertanya
Menjawab
Kerjasama
Kesungguhan & Partisipasi
Sikap berpendapat
1
2
……
……










Lakukan pengamatan realitas untuk menganalsis :
Dalam 2 tahun pemerintahan Presiden SBY, bagaimana menurut pendapat kalian tentang pelaksanaan demokrasi dalam berbagai bidang di atas. Berikan penilaiannya dengan beberapa bukti yang mendukung argumrntasi anda.

Tulis dalam 2 lembar kertas polio, dikumpulkan minggu depan.

Keterampilan Kewarganegaraan melalui Identifikasi di lingkungan sekitar  :

No
Instansi yang dipimpin
Kategorisasi
Beriman
Bermoral
Berilmu
Terampil
Demokratis
Jujur
1







2







3







4







5








2.      Produk (laporan hasil diskusi)

No
Nama
Laporan Hasil Diskusi Kelompok
Ketepatan waktu mengumpulkan
Kerapihan Catatan
Kelengkapan
Ketepatan Analisis
Kedalaman isi analisis
Sistematika
Total
Nilai
1
2
…….
…….









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran       : Kewarganegaraan
Materi Pokok         : Demokrasi dalam berbagai aspek
Kelas / Semeseter   : VIII / 2
Waktu                    : 2 pert X 2 X 40 menit
Pertemuan ke-        : 6 dan 7


I.         Standar Kompetensi :
Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan

II.      Kompetensi Dasar :
Menunjukkan sikap positif  terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan

III.     Tujuan Pembelajaran
1.         Siswa dapat ,membuktikan demokrasi sudah ada pada masyarakat adat Indonesia
2.         Siswa dapat menyebutkan contoh berdemokrasi dalam pemerintahan
3.         Siswa dapat menyebutkan contoh demokrasi pada pemerintahan desa
4.         Siswa dapat menyebutkan contoh berdemokrasi dikeluarga
5.         Siswa dapat menyebutkan contoh berdemokrasi di sekolah
6.         Siswa dapat menyebutkan contoh berdemokrasi di masyarakat


IV.    Indikator :
Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat :
1.      Menunjukkan bahwa demokrasi sudah ada pada masyarakat adat Indonesia
2.      Menunjukkan contoh sikap dan  perilaku demokrasi di lingkungan keluarga
3.      Menunjukkan contoh sikap dan  perilaku demokrasi di lingkungan sekolah
4.      Menunjukkan contoh sikap dan  perilaku demokrasi di lingkungan masyarakat
5.      Mempraktekan pelaksanaan demokrasi dalam kehiudpan sehari-hari
6.        Contoh-contoh sikap perilaku yang bertentangan dengan Pancasila sebagai bentuk korupsi di Indonesia.
7.        Alasan orang tidak boleh melakukan penggelapan, pemalsuan, pemborosan, kolusi, nepotisme, persaingan tidak sehat, dsb.
8.        Pentingnya hidup mandiri, disiplin, kerja keras, hemat dan bertanggung jawab dalam menghadapi segala tantangan.
9.       

V.         Pendekatan dan Model Pembelajaran :
Pendekatan          : CTL, CL
Model                  : Inquiry dan Simulasi
XI.              Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter antara lain
·                     Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·                     Menghargai pendapat
·                     Musyawarah untuk mufakat
·                     Gotonh Royong
·                     Patriotisme
·                     Nasionalisme
·                     Tanggung Jawab
·                     Percaya Diri
VI.          
Strategi dan langkah-langkah pembelajaran :
Petemuan 1 :

No

Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
1
Pendahuluan :
a.       Mencek kehadiran siswa
b.      Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber belajar dan kesiapan belajarnya
c.       Apersepsi :
Guru mengaitkan materi dengan bertanya apa yang anda rasakan bila orang tua anda demokratis.
d.      Pengetahuan Prasyarat :
Pelaksanaan demokrasi berbagai aspek kehidupan poleksosbudkum.
e.       Informasi kompetensi yang ingin dicapai
f.       Pejajagan materi dengan bertanya tentang , “Apa contoh pelaksanaan demokrasi di rumah anda ?”
g.       Siswa duduk dalam kelompok yang telah dibentuk sebelumnya.
h.      Semua siswa melantunkan “yel-yel” yang telah dipersiapkan untuk membuat kelas belajar menjadi semangat
10’
2
Kegiatan Inti
a.       Siswa mengeksplorasi pengamalan dan harapannya tentang pelaksanaan kehidupan demokratis di lingkungan :
1.      Keluarga
2.      Sekolah
3.      Masyarakat
b.      Masing-masing siswa menempelkan hasil pengerjaannya di panel dinding.
c.       Bersama guru menginventarisasi pelaksanaan demokrasi di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
d.      Mengomentari dan memberikan solusi bagi pelaksanaan demokrasi yang belum dilaksanakan dalam lingkungan tersebut.


50’

3

Penutup :
a.       Refleksi pembelajaran
b.      Tindak lanjut (penugasan):
Minggu depan simulasi praktek pemilihan ketua OSIS.
Persiapkan :
1.      Panitia siding
2.      Syarat-syarat calon
3.      Pertanyaan Fit and profer tes
4.      Kartu suara/papan perhitungan.


20’

Petemuan 2 :
Model Pembelajaran : Simulasi
Langkah-langkah pembelajaran :

No

Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
1
Pendahuluan :
a.       Mencek Kehadiran siswa.
b.      Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber belajar dan kesiapan belajarnya
Yel-yel
c.       Appersepsi :
Guru menanyakan persiapan simulasi dan menseting pelaksanaannya.
d.      Pengetahuan Prasyarat :
Pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan sehari-hari.
e.       Informasi tujuan yang ingin dicapai.
10’

2

Kegiatan Inti
a.       Siswa mensimulaskan tata cara pemilihan ketua OSIS, dengan langkah-langkah :
1.      Menentukan syarat-syarat calon
2.      Memilih calon
3.      Fit and Profer tes calon
4.      Pelaksanaan
b.      Mengklarifikasi sikap-sikap demokratis dari peserta yang calonnya tidak menang dalam pemilihan.

50’

3

Penutup :
a.       Refleksi
b.      Tindak lanjut (penugasan) : Ujian Blok 1 minggu depan

20’

VII.  Sarana dan Sumber Pembelajaran
1.      Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
2.      Lembar pengamatan
3.      Draf syarat-syarat dan fit and profer tes
4.      Kartu suara



VIII.   Penilaian dan Tindak Lanjut
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1.      Menunjukkan contoh sikap dan  perilaku demokrasi di lingkungan keluarga
2.      Menunjukkan contoh sikap dan  perilaku demokrasi di lingkungan sekolah
3.      Menunjukkan contoh sikap dan  perilaku demokrasi di lingkungan masyarakat
4.      Mempraktekan pelaksanaan demokrasi dalam kehiudpan sehari-hari

Tes Tertulis
Uraian



Watak kewarganegaraan dengan  Analisis pengalaman nilai sikap:

No
Pelaksanaan Demokrasi
Evaluasi Pelaksanaan
Sl
Sr
Kd
Jr
Tp
1
Di rumah :
1.      ………………………………
2.      ………………………………
3.      ………………………………
4.      ………………………………
5.      ………………………………






2
Di sekolah :
1.      ………………………………
2.      ………………………………
3.      ………………………………
4.      ………………………………
5.      ………………………………







Keterangan : Sl (selalu), Sr (sering), Kd (kadang-kadang, Jr (jarang) dan Tp (tidak pernah).

Keterampilan Kewarganegaraan : Melalui hasil penilaian Simulasi

No
Nama
Aspek penilaian simulasi
Total
Minat / Motivasi
Sikap

Kesungguhan/ penghayatan peran









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran        : Kewarganegaraan
Materi Pokok          : Kedaulatan rakyat dan sistem permerintahan
Kelas / Semeseter   : VIII / 2
Waktu                     : 4 X 40 menit
Pertemuan ke-        : 8 dan 9


I.         Standar Kompetensi :
·         Memahami kedaulatan rakyat dan system pemerintahan di Indonesia.

II.       Kompetensi Dasar :
  • Menjelaskan makna kedaulatan rakyat

III.       Indikator :
Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat :
1.        Menjelaskan arti dan pentingnya kedaulatan bagi suatu Negara.
2.        Menjelaskan jenis kedaulatan
3.        Menjelaskan sifat kedaulatan
4.        Menjelaskan teori-teori kedaulatan
5.        Menjelaskan kedaulatan yang dianut Negara Indonesia menurut UUD 1945.
6.          Contoh-contoh sikap perilaku yang bertentangan dengan Pancasila sebagai bentuk korupsi di Indonesia.
7.          Alasan orang tidak boleh melakukan penggelapan, pemalsuan, pemborosan, kolusi, nepotisme, persaingan tidak sehat, dsb.
8.          Pentingnya hidup mandiri, disiplin, kerja keras, hemat dan bertanggung jawab dalam menghadapi segala tantangan.
.

IV.       Materi Pembelajaran :
1.      Pengertian kedaulatan
2.      Pentingnya kedaulatan bagi suatu bangsa dan Negara
3.      Jenis kedaulatan
4.      Teori-teori kedaulatan
5.      Kedaulatan yang dianut NKRI menurut UUD 1945.

V.         Pendekatan dan Model Pembelajaran :
Pendekatan          : CTL, CL
Model                  : Jigsaw
VI.         Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter antara lain
·                     Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·                     Menghargai pendapat
·                     Musyawarah untuk mufakat
·                     Gotonh Royong
·                     Patriotisme
·                     Nasionalisme
·                     Tanggung Jawab
·                     Percaya Diri

Strategi dan langkah-langkah pembelajaran :
Petemuan 1 :

No

Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
1
Pendahuluan :
a.       Mencek kehadiran siswa
b.      Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber belajar dan kesiapan belajarnya
c.       Pengetahuan Prasyarat :
Demokrasi dalam berbagai aspek.
d.      Apersepsi :
Guru mengaitkan materi dengan bertanya apakah hidup anda merasa diatur segala sesuatunya oleh orang lain?
e.       Informasi kompetensi yang ingin dicapai
f.       Pejajagan materi dengan bertanya apa arti kedaulatan
g.       Siswa duduk dalam kelompok yang telah dibentuk sebelumnya
h.      Semua siswa melantunkan “yel-yel” yang telah dipersiapkan untuk membuat kelas belajar menjadi semangat
10’
2
Kegiatan Inti
Kelompok cooperative (awal) :
a.       Masing-masing siswa dalam kelompoknya menerima potongan kartu masalah yang berbeda warnanya.
b.      Masing-masing siswa membentuk kelompok baru sesuai dengan kesamaan kartu masalah yang harus diselesaikan.

Kelompok Ahli :
a.       Masing-masing kelompok yang baru, mendiskusikan masalah yang sama sesuai yang tertulis dalam kartu masalah, masing-masing kartu yaitu:
1.      Definisi dan arti pentingnya kedaulatan bagi suatu bangsa dan Negara
2.      Jenis kedaulatan
3.      Sifat-sifat kedaulatan
4.      Teori-teori kedaulatan
5.      Kedaulatan yang dianut Negara RI menurut UUD 1945.
b.      Tiap siswa membuat intisari hasil diskusi untuk dijelaskan kembali kepada kelompok awal.

Kelompok kooperatif 5 serangkai :
a.       Masing-masing siswa kembali ke kelompok awal untuk menginformasikan hasil pembahasannya secara bergiliran


50’

3

Penutup :
a.       Refleksi pembelajaran dan persiapan presentasi minggu depan
b.      Tindak lanjut (penugasan): bagi tugas masing-masing untuk presentasi supaya efektif.


20’

Petemuan 2 :

No

Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
1
Pendahuluan :
a.       Mencek Kehadiran siswa.
b.      Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber belajar dan kesiapan belajarnya
c.       Apersepsi :
Guru menanyakan tugas untuk presentasi dan menseting pelaksanaannya.
d.      Siswa duduk dalam kelompok yang telah dibentuk sebelumnya
e.       Semua siswa melantunkan “yel-yel” yang telah dipersiapkan untuk membuat kelas belajar menjadi semangat
10’

2

Kegiatan Inti
Kelompok kooperatif 5 serangkai :
a.       Masing-masing kelompok mempresentasikan semua masalah yang telah dibahas di depan kelas secara bergiliran.
b.      Kelompok lain memberikan tanggapan
c.       Klarifikasi dan pembenaran tentang masalah yang dibahas.

50’

3

Penutup :
a.       Tunjuk salah seorang siswa untuk merefleksi tentang materi yang telah dibahas bersama.
b.      Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
c.       Tindak lanjut (penugasan) :
Pelajari materi lembaga pemegang kedaulatan rakyat menurut UUD 1945.
Informasi model pembelajaran SGM (Students Group Moving)

20’

VII.   Sarana dan Sumber Pembelajaran
1.      Kartu masalah yang berbeda warna
2.      UUD 1945
3.      Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
4.      Lembar pengamatan.




VIII.                                                                 Penilaian dan Tindak Lanjut

Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1.   Menjelaskan arti dan pentingnya kedaulatan bagi suatu Negara.
2.   Menjelaskan jenis kedaulatan
3.   Menjelaskan sifat kedaulatan
4.   Menjelaskan teori-teori kedaulat an
5.   Menjelaskan kedaulatan yang dianut Negara Indonesia menurut UUD 1945.


Tes Lisan
Uraian
1.      Apa arti kedaulatan
2.      Apa pentingnya kedaulatan bagi suatu Negara
3.      Kedaulatan itu ada kedaulatan kedalam dan keluar. Jelaskan !
4.      Bagaimana sifat kedaulatan?
5.      Ada beberapa teori kedaulatan, jelaskan!
6.  Negara Indonesia menganut teori kedaulatan rakyat, kedaulatan hokum dan kedaulatan Tuhan. Jelaskan, dan berikan buktinya menurut UUD 1945!




1.      Kinerja (kemampuan berdiskusi, kerja kelompok, presentasi laporan dan menanggapi)
No
Nama
Aktivitas Dalam Pembelajaran
Total
Minat /  Motivasi
Menanggapi
Bertanya
Kreativitas
Kerjasama
Kesungguhan & Partisipasi
Sikap berpendapat
1
…….








2.      Tes :

3.      Produk (laporan hasil diskusi)

No
Nama
Laporan Hasil Diskusi Kelompok
Ketepatan waktu mengumpulkan
Kerapihan Catatan
Kelengkapan
Ketepatan Analisis
Kedalaman isi analisis
Sistematika
Total
Nilai
1
2
……
……










RANCANGAN PROGRAM REMEDIAL



Terdapat empat langkah utama dalam mendiagnosa dan memperbaiki kesulitan belajar :
1.      Menentukan siswa mana yang mengalami kesulitan belajar
2.      Menentukan wujud khusus dari kesulitan belajar itu
3.      Menentukan faktor penyebab kesulitan belajar
4.      Menetapkan prosedur remedial yang sesuai

Jika permasalahan yang ditemukan adalah :
1.      Siswa mengalami kesulitan dalam mencapai kompetensi yang telah ditetapkan atau tidak paham/tidak jelas pada materi (siswa yang belum tuntas sedikit atau banyak), maka akan menggunakan media grafis untuk memberikan gambaran yang lebih jelas atau terperinci dari materi ajar yang telah diberikan.
2.      Jika masalah yang ditemukan  karena siswa tidak belajar, maka bentuk remedial yang akan dilakukan adalah dengan re-testing (ujian ulang).
3.      Atau kegiatan remedial lain yang sesuai dengan jenis kesulitan  yang dihadapi siswa.





RANCANGAN PROGRAM PENGAYAAN


Pengayaan diberikan kepada siswa yang telah mencapai KKM yang telah ditentukan.
Jenis pengayan yang akan dilakukan adalah :
1.      Siswa secara berkelompok dengan anggotanya maksimal 3 orang mencari berita di Koran majalah internet tentang .
2.      Siswa diminta untuk memberikan komentar dari berita di Koran, majalah, dan TV berupa:
3.      Pengayaan, dapat dilakukan berbeda antar siswa atau kelompok siswa.
Misalnya, siswa yang memperoleh KKM  ≥ 65-79 diberi pengayaan berbeda dengan siswa yang memperoleh KKM di atas ≥ 80.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran          : Kewarganegaraan
Materi Pokok                        : Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan
Kelas / Semeseter      : VIII / 2
Waktu                       : 8 X 40 menit
Pertemuan ke-           : 10,11,12 dan 13

I.         Standar Kompetensi :
Memahami kedaulatan rakyat dan system pemerintahan

II.      Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan system pemerintahan Indonesia dan peran lembaga Negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat.


III.   Tujuan Pembelajaran
1.     Mendeskripsikan system pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945.
2.     Membandingkan pelaksanaan system presidensial dengan system parlementer
3.     Menggambarkan bagan system ketatanegaraan Indonesia menurut UUD 1945.
4.     Menguraikan fungsi peran dan kedudukan lembaga-lembaga pemegang kedaulatan rakyat menurut UUd 1945.
2.     Contoh-contoh sikap perilaku yang bertentangan dengan Pancasila sebagai bentuk korupsi di Indonesia.
3.     Alasan orang tidak boleh melakukan penggelapan, pemalsuan, pemborosan, kolusi, nepotisme, persaingan tidak sehat, dsb.
4.     Pentingnya hidup mandiri, disiplin, kerja keras, hemat dan bertanggung jawab dalam menghadapi segala tantangan.


IV.    Materi Pembelajaran :
1.   Sistem pemerintahan menurut UUD 1945
2.   Perbandingan system presidensial dan parlementer
3.   Sistem ketatanegaraan Indonesia menurut UUD 1945.
4.   Lembaga-lembaga pemegang kedaulatan rakyat menurut UUD 1945

V.                Pendekatan dan Model Pembelajaran :
Pendekatan          : CTL dan JL
Model                  : SGM (Students Group Moving)
(Pergerakan Kelompok Siswa-Siswa)
VI.                                                                                                              Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter antara lain
·                     Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·                     Menghargai pendapat
·                     Musyawarah untuk mufakat
·                     Gotonh Royong
·                     Patriotisme
·                     Nasionalisme
·                     Tanggung Jawab
·                     Percaya Diri

Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan ke-1:

No

Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
1
Pendahuluan :
a.       Cek absensi siswa
b.      Seting ruang dan kesiapan belajar siswa
c.       (Persiapan alat tulis, buku sumber dan motivasi belajar)
d.      Apersepsi :
(Guru mengkontekstualkan materi kedaulatan dengan kemandirian berperilaku di rumah.)
e.       Kemampuan prasyarat :
Memahami materi Makna Kedaulatan Rakyat
f.       Informasi kompetensi yang ingin dicapai
g.       Penjajagan materi tentang apa system pemerintahan menurut pasal 17 UUD 1945.
h.      Siswa menseting bergabung berkelompok
i.        Siswa meneriakkan yel-yel.
10’

2

Kegiatan Inti :
1.   Tahap Orientasi (Pemilihan Materi Kajian) :
a.       memilih undian topic kajian, melalui panel dll.
b.      mengkonstruksi kosep dan pengalaman awal dari materi yang telah dipilih
c.       siswa setiap kelompok mendapatkan satu set lembar kertas kerja.
2.      Tahap Quetioning (membuat pertanyaan)
a.       Siswa membuat pertanyaan berkelompok sejumlah (jumlah kelompok dikurangi satu)
b.      setiap kelompok membuat rambu-rambu jawaban dari pertanyaan yang dibuatnya.
c.       Lembar kerja disimpannya di meja kerja masing-masing.
d.      Siswa merayakan kelompok secara berurut yang telah selesai membuat pertanyaan dengan tepuk pramuka *)
e.       Guru mengacak lembar kerja pertanyaan dengan lembar kerja di meja kerja kelompok lain.

3.      Tahap Moving & Answering (pergerakan & menjawab soal)
a.       Setiap kelompok bergerak menjawab satu pertanyaan pada setiap meja kerja.
b.      Setiap menyelesaikan satu pertanyaan pada satu meja kerja, siswa meneriakkan tepuk pramuka *)
c.       Siswa merayakan kelompok secara berurut yang telah selesai menjawab pertanyaan.
50’
3
Penutup :
a.       Menanyakan kesan dan saran pembelajaran hari itu.
b.      Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·         Setiap kelompok berbagi tugas untuk mempresentasikan hasil jawaban kelompok lain yang ditulis di Lembar Kerjanya.

20’

Pertemuan ke-2 :

No

Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
1
Pendahuluan :
a.       Cek absensi siswa
b.      Seting ruang dan kesiapan belajar siswa
(Persiapan alat tulis, buku sumber dan motivasi belajar)
c.       Apersepsi :
(Guru menanyakan kesiapan untuk presentasi)
d.      Informasi tujuan yang ingin dicapai
e.       Siswa menseting bergabung berkelompok
f.       Siswa meneriakkan yel-yel.

10’
2
Kegiatan Inti :
Tahap Argumentatif (presentasi dalam diskusi kelas).
a.       Setiap kelompok mempresentasikan kajian lembar kerja yang diisi jawabannya oleh kelompok lainnya.
b.      Klarifikasi setiap kelompok atas penilaian jawaban kelompok lainnya.

Tahap Evaluasi & Rekonstruksi konsep
a.       Siswa bersama guru mengklarifikasi kebenaran data dan jawaban yang dibuat.
b.      setiap kelompok merevisi dan menyempurnakan jawaban yang ada di lembar kerjanya masing-masing.

50’

3

Penutup :
a.       Refleksi pembelajaran.
b.      Pemantapan materi dengan penyimpulan semua.
c.       Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
Pelajari kembali materi di atas, minggu depan akan menggunakan model pembelajaran yang sama (SGM) dengan undian materi yang berbeda.

20’

Pertemuan ke-3:

No

Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
1
Pendahuluan :
a.       Cek absensi siswa
b.      Seting ruang dan kesiapan belajar siswa
c.       (Persiapan alat tulis, buku sumber dan motivasi belajar)
d.      Apersepsi :
(Guru mengaitkan kesan pembelajaran minggu lalu dengan materi hari itu.)
e.       Kemampuan prasyarat :
Memahami materi Makna Kedaulatan Rakyat
f.       Informasi kompetensi yang ingin dicapai
g.       Siswa menseting bergabung berkelompok
h.      Siswa meneriakkan yel-yel.
10’
2
Kegiatan Inti :
1.      Tahap Orientasi :
a.       memilih undian topic kajian
b.      mengkonstruksi kosep dan pengalaman awal dari materi yang telah dipilih
c.       siswa setiap kelompok mendapatkan satu set lembar kertas kerja.

2.      Tahap Quetioning (membuat pertanyaan)
a.       Siswa membuat pertanyaan berkelompok sejumlah (jumlah kelompok dikurangi satu)
b.      setiap kelompok membuat rambu-rambu jawaban dari pertanyaan yang dibuatnya.
c.       Lembar kerja disimpannya di meja kerja masing-masing.
d.      Siswa merayakan kelompok secara berurut yang telah selesai membuat pertanyaan dengan tepuk pramuka*)
e.       Guru mengacak lembar kerja pertanyaan dengan lembar kerja di meja kerja kelompok lain.

3.   Tahap Moving & Answering (pergerakan & menjawab soal)
a.       Setiap kelompok bergerak menjawab satu pertanyaan pada setiap meja kerja.
b.      Setiap menyelesaikan satu pertanyaan pada satu meja kerja, siswa meneriakkan yel-yel.
c.       Siswa merayakan kelompok secara berurut yang telah selesai menjawab pertanyaan dengan tepuk pramuka*)
50’
3
Penutup :
a.       Menanyakan kesan dan saran pembelajaran hari itu dibanding dengan SGM sebelumnya.
b.      Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·         Setiap kelompok berbagi tugas untuk mempresentasikan hasil jawaban kelompok lain yang ditulis di Lembar Kerjanya.

20’

Pertemuan ke-4 :

No

Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
1
Pendahuluan :
a.       Cek absensi siswa
b.      Seting ruang dan kesiapan belajar siswa
(Persiapan alat tulis, buku sumber dan motivasi belajar)
c.       Apersepsi :
(Guru menanyakan kesiapan untuk presentasi)
d.      Siswa menseting bergabung berkelompok
e.       Siswa meneriakkan yel-yel.

10’
2
Kegiatan Inti :
Tahap Argumentatif (presentasi dalam diskusi kelas).
a.  Setiap kelompok mempresentasikan kajian lembar kerja yang diisi jawabannya oleh kelompok lainnya.
b.  Klarifikasi setiap kelompok atas penilaian jawaban kelompok lainnya.

Tahap Evaluasi & Rekonstruksi konsep
a.       Siswa bersama guru mengklarifikasi kebenaran data dan jawaban yang dibuat.
b.    Setiap kelompok merevisi dan menyempurnakan jawaban yang ada di lembar kerjanya masing-masing.

50’

3

Penutup :
a.       Refleksi pembelajaran.
b.      Pemantapan materi dengan penyimpulan semua.
c.       Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
Pelajari

20’

7.      Media dan Sumber Pembelajaran
a.       Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
b.      Koran, majalah dll
c.       Panel pilihan topic pembelajaran
d.      Kertas kerja pertanyaan siswa
e.       Lembar pengamatan belajar siswa

8.      Penilaian dan Tindak Lanjut
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
a.   Mendeskripsikan system pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945.
b.   Membandingkan pelaksanaan system presidensial dengan system parlementer
c.   Menggambarkan bagan system ketatanegaraan Indonesia menurut UUD 1945.
d.   Menguraikan fungsi peran dan kedudukan lembaga-lembaga pemegang kedaulatan rakyat menurut UUd 1945.

Tes Tertulis
Uraian
1.      Apa system pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945 pasal 17?
2.      Apa perbedaan system presidensial dengan parlementer?
3.      Siapakah pemegang kedaulatan di negara RI?
4.      Sebutkan dasar keberadaan MPR menurut UUD 45?
5.      Apa tugas dan kewenangan MPR menurut UUD 45.
6.      Bagaimana keanggotaan MPR?
7.      Pasal berapa tentang kedudukan DPR?
8.      Apa 3 fungsi DPR menurut UUD 45?
9.      Keanggotaan DPR dipilih melalui apa?
10.  Apa tugas dan wewenang DPD?
11.  Bagaimana proses pencalonan dan pemilihan presiden?
12.  Siapa yang dapat menjadi presiden RI?
13.  Pasal berapa yang mengatur kedudukan BPK
14.  Apa tugas wewenang BPK?
15.  Apa tugas wewenang MA?
16.  Apa tugas wewenang MK
17.  Apa tugas wewenangKY
18.  Apa tugas dan wewenang KPU





Isilah bagan berikut ini:
No
Sistem Pemerintahan
Pertanggungjawaban Kabinet (Menteri)
Kepala Pemerintahan
1
Kabinet Presidesial



2
Kabinet Parlementer





a.       Lembar Pengamatan Sikap dan Minat ( PBM pert 1 dan 2 ; dalam setiap 10 menit), dg format :
No
Nama Kel.
Nama Siswa
Perhatian (minat & sikap) tiap 10 menit
Minat &Sikap
1
2
3
4
5
6
7
8
- (%)
+ (%)













     
                  Indikator minat dan sikap :
a.       bermain-main
b.      Mengantuk
c.       tertawa-tawa
d.      Mengobrol
e.       tidak perhatian
f.       tidak ikut terlibat dalam kegiatan kelompok/ acuh

b.      Lembar Pengamatan Diskusi (TM 1 dan 2),dengan format :
No
Nama Kel
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Ketuntasan
1
2
3
4
5











Indikator aspek yang dinilai :
a.       Menyampaikan pendapat dengan sopan
1)      memberi salam
2)      bahasa sopan dan santun
b.      Menghormati pendapat orang lain
1)      tidak memotong pembicaraan
2)      tidak mencela pendapat orang lain
c.       Berpendapat secara bertanggung jawab
1)      tidak menghina berbau SARA
2)      isi pendapat tidak bertentangan dengan norma
d.      Berpendapat berasas mufakat
1)      mencari solusi atas masalah
2)      bermanfaat bagi kepentingan orang banyak
e.       mengambil keputusan bijaksana
1)      tidak memaksakan kehendak
2)      mengutamakan musyawarah mufakat
c.       Produk (laporan hasil lembar kerja), dengan format:

No
Nama Kelompok
Nama Siswa
Laporan lembar kerja
Isi & Kesesuaian Pertanyaan
Tata bahasa
Keterkaitan dengan fakta
Isi & Kesesuaian Jawaban
Total
Nilai
1










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran          : Kewarganegaraan
Materi Pokok                        : Kedaulatan Rakyat dan Sistem pemerintahan
Kelas / Semeseter      : VIII / 2
Waktu                       : 4X 40 menit
Pertemuan ke-           : 14 dan 15


I.          Standar Kompetensi :
Memahamai kedaulatan rakyat dan system pemerintahan di Indonesia

II.      Kompetensi Dasar :
Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan system pemerintahan Indonesia.


III.     Indikator.
Setelah proses pembelajaran selesai siswa dapat :
  1. Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan system pemerintahan Indonesia.
  2. Contoh-contoh sikap perilaku yang bertentangan dengan Pancasila sebagai bentuk korupsi di Indonesia.
  3. Alasan orang tidak boleh melakukan penggelapan, pemalsuan, pemborosan, kolusi, nepotisme, persaingan tidak sehat, dsb.
  4. Pentingnya hidup mandiri, disiplin, kerja keras, hemat dan bertanggung jawab dalam menghadapi segala tantangan.


IV.  Materi Pembelajaran :
1.      Sikap positif terhadap proses kedaulatan
2.      Prinsip kedaulatan yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

V.     Pendekatan dan Model Pembelajaran
Pendekatan           : CTL, CL dan JL
Model                   : Problem solving
VI.         Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter antara lain
·                     Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·                     Menghargai pendapat
·                     Musyawarah untuk mufakat
·                     Gotonh Royong
·                     Patriotisme
·                     Nasionalisme
·                     Tanggung Jawab
·                     Percaya Diri

Strategi dan langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan1

No

Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
1
Pendahuluan :
a.       Mencek kehadiran siswa
b.      Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber belajar dan kesiapan belajarnya
c.       Pengetahuan Prasyarat :
Lembaga-lembaga pemegang  kedaulatan rakyat
d.      Apersepsi :
Guru bertanya tentang bagaimanakah perasaan dan sikap kalian bila presiden dukungan anda kalah dalam pemilu.
e.       Informasi kompetensi yang ingin dicapai dari materi hari itu.
f.       Penjajagan materi dengan bertanya sikap yang menjunjung proses kedaulatan rakyat.
g.       Siswa berkelompok sesuai dengan nomor urut yang sama     (sebagai variasi dari kelompok terdahulu)
h.      Siswa meneriakan “yel-yel” untuk meningkatkan semangat belajar.

10’

2

Kegiatan Inti :
a.       Tunjuk 2 orang siswa untuk membantu menempelkan gambar/photo (diperbesar) tentang peristiwa masyarakat bentrok antar parpol dalam kampanye/ adu jotos anggota DPR/dll*)
b.      Setiap kelompok merespon dengan memberikan komentar sepintas tentang gambar yang ditayangkan.
c.       Setiap kelompok kemudian mengklarifikasi pemecahan permasalahan yang dipandu guru, yakni :
1.  Setujukan kalian dengan tayangan gambar/wacana *)
2.  Mengapa harus ada kampanye sebelum pemilihan presiden/kepala daerah, dll*)
3.  Mengapa antar parpol pendukung sering terjadi bentrokan?
4.  Bagaimana agar antar parpol pendukung tidak bentrok?
5.  Bagaimana peran aparat keamanan (polisi) dalam hal ini?
6.  Prinsip apa yang harus dimiliki oleh masyarakat ketika calon yang didukungnya tidak memenangi pemilihan?

50’

3

Penutup :
a.       Refleksi : Kesulitan yang dialami dalam mengkaji masalah
Perenungan bahwa kepemimpinan adalah amanat Allah, siapapun yang terpilih harus dihormati sebagai bentuk demokrasi, tidak harus bentrokan.
b.      Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
Lakukan kunjungan kepada Kepala Desa kalian.
Buatlah janji kapan/jam berapa anda dapat bertemu dengan Kepala Desa.
Berikut adalah panduan pertanyaan wawancarannya:
1.      Nama Bapak……
2.      Kapan bapak terpilih sebagai Kades?
3.      Berapa calon yang waktu itu ikut pemilihan bersama bapak?
4.      Siapakah yang bertugas melakukan pemilihan Kades.
5.      Dari mana biayanya.
6.      Bagaimana proses pencalonannya?
7.      Bagaimana tahapan seleksinya pemilihannya.
8.      Apa saja syarat-syarat calon.
9.      Siapa yang melantik jika menang dalam pemilihan.
10.  Kepada siapakah Kades bertanggung jawab.
11.  Berapa masa jabatan kepala desa?
12.  Bolehkah calon kepala desa berasal dari luar desanya. Mengapa?
13.  Bagaimana sikap bapak kepada orang-orang yang dulunya tidak mendukung pencalonan Bapak?


20’

Pertemuan 2

No

Kegiatan Belajar
Waktu (menit)
1
Pendahuluan :
a.       Mencek kehadiran siswa
b.      Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber belajar dan kesiapan belajarnya
c.       Apersepsi :
Guru bertanya tentang tugas minggu lalu dan menseting presentasi tiap kelompok.
d.      Siswa meneriakan “yel-yel” untuk meningkatkan semangat belajar.
10’

2

Kegiatan Inti :
a.       Setiap kelompok tampil untuk mempresentasikan kajian masalah minggu lalu.
b.      Setiap kelompok merespon dengan memberikan komentar/tanggapan
c.       Klarifikasi dan  pembenaran hasil diskusi dipandu guru

50’

3

Penutup :
a.       Tunjuk salah seorang siswa cerdas untuk merefleksi tentang materi yang telah dibahas bersama.
b.      Siswa memberikan kesan terhadap pembelajaran hari itu.
c.       Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
d.      Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
Minggu depan Ujian Blok II

20’

VI. Sarana dan Sumber Pembelajaran
1.      Gambar/Photo masyarakat bentrok*)
2.      Wacana kampanye ricuh, dll*)
3.      Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
VII.            Penilaian dan Tindak Lanjut
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan system pemerintahan Indonesia.

Tes Tertulis
Uraian
1.   Apa sikap positif warga Negara dalam proses pemilihan umum:
2.   Siapakah yang memilih kepala desa
3.   Berapa lama masa jabatan kepala desa
4.   Apa syarat pencalonan kepala desa
5.   Kepada siapakah kepala desa bertanggung jawab


1.      Kinerja :
No
Nama
Aktivitas Dalam Pembelajaran
Total
Minat / Motivasi
Inisiatif / Kreativitas
Bertanya
Menjawab
Kerjasama
Kesungguhan & Partisipasi
Sikap
1









7.      Tes Kognitif :

Produk (laporan hasil kunjungan) :

No
Nama
Laporan Hasil Diskusi Kelompok
Ketepatan waktu mengumpulkan
Kerapihan Catatan
Kelengkapan
Kejelasan sumber informasi
Kebenaran data
Sistematika
Total
Nilai
1
2
…….
…….









Bekasi,.... Juli 2012                             Guru Bidang studi


                                                                                                Zainir,S.Pd
                                                                                                Nip,19670818 200701 1 021










Tidak ada komentar:

Poskan Komentar