RPP PKn SMP Kelas VII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran          : Kewarganegaraan
Kelas / Semeseter      : VII / I
Waktu                       : 2 X 40 menit
Pertemuan ke-           : 1( satu )


I.                    Standar Kompetensi :
Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan    bermasyarakat,
            berbangsa dan bernegara.

II.                 Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adapt istiadat dan peraturan yang            berlaku dalam masyarakat..

III.               Indikator :
Mendefinisikan nilai, kebiasaan, adat istiadat.

IV.              Tujuan Pembelajaran :
            Setelah proses pembelajaran siswa dapat berperilaku sesuai nilai, kebiasaan, adat dan norma

V.                 Materi Pembelajaran :
·         Nilaia dalah sesuatu yang berharga, bermutu, menunjukkan kualitas dan berguna bagi manusia. Sesuatu itu bernilai berarti sesuatu itu berharga atau berguna bagi kehidupan manusia.
Sifat-sifat nilai menurut Bambang Daroeso (1986) adalah Sebagai berikut.
a. Nilai itu suatu realitas abstrak dan ada dalam kehidupan manusia. Nilai yang bersifat abstrak tidak dapat diindra. Hal yang dapat diamati hanyalah objek yang bernilai itu. Misalnya, orang yang memiliki kejujuran. Kejujuran adalah nilai,tetapi kita tidak bisa mengindra kejujuran itu. Yang dapat kita indra adalah kejujuran itu.
b. Nilai memiliki sifat normatif, artinya nilai mengandung harapan, cita-cita, dan suatu keharusan sehingga nilai nemiliki sifat ideal (das sollen). Nilai diwujudkan dalam bentuk norma sebagai landasan manusia dalam bertindak. Misalnya, nilai keadilan. Semua orang berharap dan mendapatkan dan berperilaku yang mencerminkan nilai keadilan.
c. Nilai berfungsi sebagai daya dorong/motivator dan manusia adalah pendukung nilai. Manusia bertindak berdasar dan didorong oleh nilai yang diyakininya.Misalnya, nilai ketakwaan. Adanya nilai ini menjadikan semua orang terdorong untuk bisa mencapai derajat ketakwaan.
·         Kebiasaan berasal dari kata biasa, yang mengandung arti pengulangan atau sering melakukan. Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan Parea (1987), bahwa kebiasaan itu terjadi melalui pengulangan. Sesuai dengan pernyataan tersebut, maka jika suatu perbuatan atau tingkah laku yang dilakukan seseorang secara berulang-ulang dalam hal yang sama, akan menjadi suatu kebiasaan. Sedangkan menurut Witherington (1982), kebiasaan merupakan suatu cara bertindak yang telah dikuasai yang bersifat tahan uji,seragam dan banyak sedikitnya otomatis. Kebiasaan biasanya terjadi tanpa disertai kesadaran pada pihak yang memiliki kebiasaan itu. Menurut Soejono (1988), kebiasaan diarikan sebagai perbuatan yang berlangsung secara mekanis, berhubungan telah berkali dan berupaya.
Jadi dapat disimpulkan bahwa kebiasaan itu merupakan suatu cara bertindak yang telah dikuasai yang berlangsung secara otomatis mekanis yang terjadi secara berulang-ulang.
·         Adat adalah aturan kebiasaan kebiasaan yang tumbuh dan terbentuk dari suatu masyarakat yang dijunjung tinggi oleh masyarakat pendukungnya.

·         KKM 71


VI.              Pendekatan dan Model Pembelajaran :
1.         Pendekatan      : diskusi
2.         Model              : kerja kelompok

VII.            Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter antara lain
·                     Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·                     Menghargai pendapat
·                     Musyawarah untuk mufakat
·                     Gotonh Royong
·                     Patriotisme
·                     Nasionalisme
·                     Tanggung Jawab
·                     Percaya Diri

♫ Strategi dan langkah-langkah pembelajaran : Pertemuan ke 1

No

Tahapan / Waktu

Kegiatan Belajar
Alat Peraga
1
Infomasi





Ekplorasi
10 menit
Pendahuluan :
v  Apersepsi : Mengaitkan konteks, yaitu kondisi kehidupan nyata siswa dengan materi yang akan dibahas.
Seting ruang dan kesiapan belajar siswa
(Persiapan alat tulis, buku sumber dan motivasi belajar)
v  Motivasi    : Mengajukan permasalahan untuk dibahas
(Guru mengkontekstualkan materi dengan dunia siswa dan nyata lingkungannya.)
Informasi :Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dari materi nilai, kebiasaan dan adat.
Pwr point

Slide
 1 -3

2

Elaborasi 20 menit


Explanation
40 menit



Kegiatan Inti :
Siswa dalam setiap kelompok bekerja sama untuk mengkonstruksi materi-materi berikut :
Selanjutnya Guru membagi siswa dalam kelompok



Pwr point

Slide
 1 -3

3

Konfirmasi
Dan Refleksi
10 menit

Penutup :
a.    Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
b.    Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
Pengerjaan latihan pada LKS secara bekelompok.

Pwr point

Slide
 1 -3


VIII.         Media dan Sumber Pembelajaran
1.                   Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
2.                   Koran, majalah dll
3.                   Lembar pengamatan belajar siswa

IX.              Penilaian dan Tindak Lanjut
1.                    Kinerja (pengamatan diskusi dan kerja kelompok), dengan format :

No
Nama
Aktivitas Dalam Pembelajaran
Total
Presentasi
Menanggapi
Bertanya
Menjawab
Kerjasama
Kesungguhan & Partisipasi
Etika berpendapat
1
2
…….
…….









2.                    Aspek Kognitif (Tes lisan) :
a.                   Sebutkan pengertian nilai
b.                   Jelaskan arti kebiasaan
c.                   Jelaskan arti adat
d.                   Jelaskan hubungan antara nilai dan kebiasaan

3.                    Produk (laporan hasil diskusi), dengan format:

No
Nama
Laporan Hasil Diskusi Kelompok
Ketepatan waktu mengumpulkan
Kerapihan Catatan
Kelengkapan
Ketepatan Analisis
Kedalaman isi analisis
Sistematika
Total
Nilai
1
2
…….
…….














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran          : Kewarganegaraan
Kelas / Semeseter      : VII / I
Waktu                       : 6 x 40 menit
Pertemuan ke-           : 2 s.d. 4


I.                   Standar Kompetensi :
Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

II.                 Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasa an, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam       masyarakat

III.               Indikator :
1.                   Menjelaskan macam macam norma
2.                   Menjelaskan contoh,sumber, sifat dan sanksi norma norma
3.                   Menjelaskan hubungan antar norma
4.                   KKM 71

IV.              Tujuan Pembelajaran
            Selesai proses pembelajaran, siswa dapat berperilaku sesuiai dengan hukum positif

V.                 Materi Pembelajaran :
Arti Norma: aturan / kaidah yang dibuat, disepakati dan ditaati oleh masyarakat untuk mengatur kehidupan bersama.
Macam Norma:
1. Norma Agama → norma yang bersumber pada Tuhan
            → sanksi: tidak langsung karena diterima saat manusia mati
2. Norma Kesusilaan → norma yang bersumber pada hati nurani
            → sanksi: tidak tegas karena berasal dari diri sendiri
3. Norma Kesopanan → norma yang timbul sebagai akibat dari kebiasaan
            → sanksi: sesuai dengan daerah
4. Norma Hukum → norma yang dibuat oleh pemerintah / lembaga negara
            → sanksi: tegas
Hubungan antara hukum dan kaidah-kaidah sosial lainnya itu saling mengisi. Artinya kaidah sosial mengatur kehidupan manusia dalam masyarakat dalam hal-hal hukum tidak mengaturnya. Selain saling mengisi, juga saling memperkuat. Suatu kaidah hukum, misalnya “kamu tidak boleh membunuh” diperkuat oleh kaidah sosial lainnya. Kaidah agama, kesusilaan, dan adat juga berisi suruhan yang sama.   

VI.              Penekatan dan model pembelajaran :
1.         Pendekatan      : CTL, CL dan JL
2.         Model              : Students Group Moving (SGM)

VII.      Langkah-langkah pembelajaran yang berbasis nilai-nilai karakter antara lain :
§   Ketakwaan terhadap Tuhan YME         
§   Menghargai pendapat
§   musyawarah untuk mufakat
§   gotong royong
§   Patriotisme
§   Nasionalisme
§   Tanggung jawab
§   Percaya diri



·      Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan ke-1:          

No

Tahapan / Waktu

Kegiatan Belajar
Alat Peraga
1
Infomasi





Ekplorasi
10 menit
Pendahuluan :
v  Apersepsi : Mengaitkan konteks, yaitu kondisi kehidupan nyata siswa dengan materi yang akan dibahas.
Seting ruang dan kesiapan belajar siswa
(Persiapan alat tulis, buku sumber dan motivasi belajar)
v  Motivasi    : Mengajukan permasalahan untuk dibahas
(Guru mengkontekstualkan materi dengan dunia siswa dan nyata lingkungannya.)
Informasi :Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dari materi norma norma.
Pwr point

Slide
 1 -3

2

Elaborasi 20 menit


Explanation
40 menit



Kegiatan Inti :
Siswa dalam setiap kelompok bekerja sama untuk mengkonstruksi materi-materi berikut :
Selanjutnya Guru membagi siswa dalam kelompok



Pwr point

Slide
 1 -3

3

Konfirmasi
Dan Refleksi
10 menit

Penutup :
c.    Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
d.    Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
Pengerjaan latihan pada LKS secara bekelompok.

Pwr point

Slide
 1 -3






VIII.         Media dan Sumber Pembelajaran
a.                   Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
b.                  Koran, majalah dll
c.                   Panel pilihan topic pembelajaran
d.                  Mata dadu (untuk mengundi pilihan topic)
e.                   Kertas kerja pertanyaan siswa
f.                   Lembar pengamatan belajar siswa
1.                  Beri contoh perbuatan hukum publik dan privat (masing-masing 2 contoh).


1.                  Lembar Pengamatan Sikap dan Minat ( PBM pert 1 dan 2 ; dalam setiap 10 menit), dg format :
No
Nama Kel.
Nama Siswa
Perhatian (minat & sikap) tiap 10 menit
Minat &Sikap
1
2
3
4
5
6
7
8
- (%)
+ (%)













       Indikator minat dan sikap :
a.         bermain-main saat PBM
b.         tertawa-tawa
c.         tidak perhatian
d.         tidak ikut terlibat dalam kegiatan kelompok/ acuh

2.                  Lembar Pengamatan Diskusi (pert 1 dan 2),dengan format :

No
Nama Kel
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor Nilai
Ketuntasan
1
2
3
4
5












Indikator aspek yang dinilai :
1.             Menyampaikan pendapat dengan sopan
a.                   memberi salam
b.                   bahasa sopan dan santun
2.             Menghormati pendapat orang lain
a.                   tidak memotong pembicaraan
b.                   tidak mencela pendapat orang lain
3.             Berpendapat secara bertanggung jawab
a.                   tidak menghina berbau SARA
b.                   isi pendapat tidak bertentangan dengan norma
4.             Berpendapat berasas mufakat
a.                   mencari solusi atas masalah
b.                   bermanfaat bagi kepentingan orang banyak
5.             mengambil keputusan bijaksana
a.                   tidak memaksakan kehendak
b.                   mengutamakan musyawarah mufakat

3.                  Produk (laporan hasil lembar kerja), dengan format:

No
Nama Kelompok
Nama Siswa
Laporan lembar kerja
Isi & Kesesuaian Pertanyaan
Tata bahasa
Keterkaitan dengan fakta
Isi & Kesesuaian Jawaban
Total
Nilai
1
2
…….
…….
…….
…….















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran          : Kewarganegaraan
Kelas / Semeseter      : VII / I
Waktu                       : 2 x 40 menit
Pertemuan ke-           : 5



I.                    Standar Kompetensi :
Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,    berbangsa dan bernegara.

II.                 Kompetensi Dasar :
Menjelaskan hakekat hokum dan arti penting hokum bagi warga negara.

III.               Indikator :
·           Menjelaskan hakekat dan arti penting hukum dalam masyarakat
·           Menguraikan unsure unsure hukum
·           Menguraikan tujuan hukum
·           Mengutraikan sifat hukum

           
IV.              Tujuan Pembelajaran :
            Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat :
·           Menunjukkan contoh sikap sesuai peraturan hukum yang berlaku.

V.                 Materi Pembelajaran :
            Unsur-unsur hukum meliputi :
1. Peraturan mengenai tingkah laku manusia dalam bermasyarakat
2. Peraturan tersebut dibuat oleh badan yang berwenang
3. Peraturan itu secara umum bersifat memaksa
4. Sanksi dapat dikenakan bila melanggarnya sesuai dengan ketentuan atau perundang-
                undangan yang berlaku.

Maksud dari uraian unsur-unsur hukum di atas adalah bahwa hukum itu berisikan peraturan dalam kehidupan bermasyarakat, hukum itu diadakan oleh badan yang berwenang yakni badan legislatif dengan persetujuan badan eksekutif begitu pula sebaliknya, secara umum hukum itu bersifat memaksa yakni hukum itu tegas bila dilanggar dapat dikenakan sanksi ataupun hukumna sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sedangkan Ciri-ciri hukum antara lain :
1. terdapat perintah ataupun larangan dan
2. perintah atau larangan tersebut harus dipatuhi oleh setiap orang

Tiap-tiap orang harus bertindak demikian untuk menjaga ketertiban dalam bermasyarkat. Oleh karena itu, hukum meliputi berbagai peraturan yang menentukan dan mengatur hubungan antara orang yang satu dengan orang yang lain yang dapat disebut juga kaedah hukum yakni peraturan-peraturan kemasyarakatan.
VI.              Pendekatan dan model Pembelajaran :
            Pendekatan      : CTL, CT dan JL
            Model              : Inquiry

VII.           Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter antara lain
·                Ketakwaan Tewrhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·                Menghargai pendapat
·                Musyawarah untuk mufakat
·                Gotonh Royong
·                Patriotisme
·                Nasionalisme
·                Tanggung Jawab
·                Percaya Diri

            Langkah-langkah pembelajaran :



No

Tahapan / Waktu

Kegiatan Belajar
Alat Peraga
1
Infomasi





Ekplorasi
10 menit
Pendahuluan :
v  Apersepsi : Mengaitkan konteks, yaitu kondisi kehidupan nyata siswa dengan materi yang akan dibahas.
Seting ruang dan kesiapan belajar siswa
(Persiapan alat tulis, buku sumber dan motivasi belajar)
v  Motivasi    : Mengajukan permasalahan untuk dibahas
(Guru mengkontekstualkan materi dengan dunia siswa dan nyata lingkungannya.)

Informasi :Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dari materi hukum.
Pwr point

Slide
 1 -3

2

Elaborasi 20 menit


Explanation
40 menit



Kegiatan Inti :
Siswa dalam setiap kelompok bekerja sama untuk mengkonstruksi materi-materi berikut :
Selanjutnya Guru membagi siswa dalam kelompok



Pwr point

Slide
 1 -3

3

Konfirmasi
Dan Refleksi
10 menit

Penutup :
a.    Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
b.    Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
Pengerjaan latihan pada LKS secara bekelompok.

Pwr point

Slide
 1 -3



VIII.         Sarana dan Sumber Pembelajaran
1.                   Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
2.                   Guru BP/BK; PKS Kesiswaan dll.


IX.              Penilaian dan Tindak Lanjut
Aspek Kognitif (Tes lisan) :
a.                               Apa pentingnya kepatuhan warga Negara terhadap norma yang berlaku?
b.                               Beri contoh perilaku patuh terhadap norma masyarakat!

Produk (laporan hasil wawancara dan pengamatan), dengan format:

No
Nama
Laporan Hasil Diskusi Kelompok
Ketepatan waktu mengumpulkan
Kerapihan Catatan
Kelengkapan
Ketepatan Analisis
Kedalaman isi analisis
Sistematika
Total
Nilai
1
2
…….
…….

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran          : Kewarganegaraan
Kelas / Semeseter      : VII / I
Waktu                       : 2 x 40 menit
Pertemuan ke-           : 6



I.                   Standar Kompetensi :
Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,    berbangsa dan bernegara.

II.                 Kompetensi Dasar :
Menjelaskan hakekat hokum dan arti penting hokum bagi warga negara.

III.              Indikator :
Menjelaskan pembagian hukum

           
IV.              Tujuan Pembelajaran :
            Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat :
·           Menunjukkan macam macam hukum

V.            Materi Pembelajaran :
           
PEMBAGIAN HUKUM

Menurut Sumbernya:

a.      Hukum Perundang-undangan, tercantum dalam peraturan perundang-undangan
b.      Hukum Kebiasaan (Hukum Adat), terletak di dalam hukum kebiasaan (adat)
c.      Hukum Traktat, berdasarkan suatu perjanjian antar Negara (traktat)
d.     Hukum Yurisprudensi, terbentuk karena keputusan hakim
e.       Hukum Doktrin, terbentuk karena diajarkan oleh seorang tokoh,ahli,orang yang diakui keilmuanya.

Menurut Bentuknya:

1.      Hukum Tertulis (Statue Law), hukum yang dicantumkan dalam berbagai peraturan-peraturan. Dibedakan menjadi 2, yaitu :
          a.      dikodifikasikan
          b.      tidak dikodifikasikan
2.      Hukum Tak Tertulis (Hukum Kebiasaan); yaitu hukum yang masih hidup dalam kebiasaan masyarakat, tetapi tidak tertulis namun berlakunya ditaati seperti suatu perundang-undangan.

Menurut Tempat / wilayah berlakunya:

1.      Hukum Nasional; berlaku dalam suatu negara
2.      Hukum Internasional; mengatur hubungan hukum dalam dunia internasional
3.     Hukum Lokal; berlaku di suatu daerah tertentu
4.      Hukum asing ; berlaku di negara lain

Menurut Waktu berlakunya:

1.      Ius Constitutum (Hukum Positif); berlaku bagai masyarakat pada suatu waktu dan suatu daerah tertentu
2.      Ius Constituendum, hukum yang diharapkan berlaku pada waktu yang akan datang
3.      Hukum Asasi, segala waktu dan seluruh tempat di dunia. Berlaku dimana-mana dan selama-lamanya (hukum yang berlaku universal)

Menurut Cara mempertahankannya :

1.      Hukum Materiil; mengatur hubungan dan kepentingan yang berupa perintah dan larangan. Misal, hukum pidana (material), perdata (material)
2.     Hukum Formil : cara menegakkan perintah dan pelanggaran; hukum acara. Misal, hukum acara pidana dan hukum acara perdata

Menurut Sifatnya:

1.      Hukum yang memaksa (Dwingwnrechts), dalam keadaan bagaimanapun juga memopunyai paksaan mutlak. mempunyai sanksi;
2.      Hukum Pelengkap;hukum yang bersifat mengatur (Anfullenrechts). Hukum dapat dikesampingkan apabila pihak-pihak yang bersangkutan telah membuat peraturan sendiri dalam suatu perjanjian.

Menurut Menurut wujudnya


1.         Hukum Objektif, dalam suatu negara, berlaku umum dan tidak mengenai orang atau golongan tertentu.
2.    hukum Subjektif, timbul dari hukum objektif dan berlaku terhadap seseorang atau beberapa orang saja.  
Menurut Isinya:
1.     Hukum Privat (Hukum Sipil), mengatur hubungan-hubungan antara orang yang  satu dengan orang yang lain, dengan menitikberatkan kepada kepentingan perseorangan
2.      Hukum Publik (Hukum Negara); Hukum yg mengatur hubungan negara dan alat-alat perlengkapannya atau hubungan antar Negara dengan warga negaranya (perseorangan)


VI.              Pendekatan dan model Pembelajaran :
Pendekatan      : CTL, CT dan JL
Model              : Inquiry


VII.           Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter antara lain
·           Ketakwaan Tewrhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·           Menghargai pendapat
·           Musyawarah untuk mufakat
·           Gotonh Royong
·           Patriotisme
·           Nasionalisme
·           Tanggung Jawab
·           Percaya Diri

            Langkah-langkah pembelajaran :

No

Tahapan / Waktu

Kegiatan Belajar
Alat Peraga
1
Infomasi





Ekplorasi
10 menit
Pendahuluan :
v  Apersepsi : Mengaitkan konteks, yaitu kondisi kehidupan nyata siswa dengan materi yang akan dibahas.
Seting ruang dan kesiapan belajar siswa
(Persiapan alat tulis, buku sumber dan motivasi belajar)
v  Motivasi    : Mengajukan permasalahan untuk dibahas
(Guru mengkontekstualkan materi dengan dunia siswa dan nyata lingkungannya.)
Informasi :Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dari materi pembagian hukum.
Pwr point

Slide
 1 -3

2

Elaborasi 20 menit


Explanation
40 menit



Kegiatan Inti :
Siswa dalam setiap kelompok bekerja sama untuk mengkonstruksi materi-materi berikut :
Selanjutnya Guru membagi siswa dalam kelompok



Pwr point

Slide
 1 -3

3

Konfirmasi
Dan Refleksi
10 menit

Penutup :
c.    Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
d.    Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
Pengerjaan latihan pada LKS secara bekelompok.

Pwr point

Slide
 1 -3


VIII.         Sarana dan Sumber Pembelajaran
1.                    Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
2.                    Guru BP/BK; PKS Kesiswaan dll.


IX.              Penilaian dan Tindak Lanjut
Aspek Kognitif (Tes lisan) :
a.              Apa pentingnya kepatuhan warga Negara terhadap norma yang berlaku?
b.             Beri contoh perilaku patuh terhadap norma masyarakat!

Produk (laporan hasil wawancara dan pengamatan), dengan format:

No
Nama
Laporan Hasil Diskusi Kelompok
Ketepatan waktu mengumpulkan
Kerapihan Catatan
Kelengkapan
Ketepatan Analisis
Kedalaman isi analisis
Sistematika
Total
Nilai
1
2
…….
…….









































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran          : Kewarganegaraan
Kelas / Semeseter      : VII / I
Waktu                       : 4 x 40 menit
Pertemuan ke-           : 7 dan 8

I.                   Standar Kompetensi :
Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,    berbangsa dan bernegara.

II.                 Kompetensi Dasar :
Menjelaskan hakekat hokum dan arti penting hokum bagi warga negara.

III.              Indikator :
Menjelaskan sikap patuh terhadap hukum
           
IV.              Tujuan Pembelajaran :
            Setelah selesai proses pembelajaran siswa dapat :
Warga negara diartikan sebagai orang-orang yang menjadi bagian dari suatu penduduk yang menjadi unsur negara. Istilah warga negara lebih sesuai dengan kedudukannya sebagaiorang merdeka dibandingkan dengan istilah hamba atau kawula negara karena warga negara mengandung arti peserta, anggota, atau warga dari suatu negara, yakni peserta darisuatu persekutuan yang didirikan dengan kekuatan bersama. Untuk itu, setiap warga negara mempunyai persamaan hak di hadapan hukum. Semua warga negara memiliki kepastian hak, privasi, dan tanggung jawab.
Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia
Berikut ini adalah beberapa contoh hak dan kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama satu sama lain tanpa terkecuali. Persamaaan antara manusia selalu dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari.
Namun biasanya bagi yang memiliki banyak uang atau tajir bisa memiliki tambahan hak dan pengurangan kewajiban sebagai warga negara kesatuan republik Indonesia.
A. Contoh Hak Warga Negara Indonesia
Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum
Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan
Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai
Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran
Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh
Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku
B. Contoh Kewajiban Warga Negara Indonesia
Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh
Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda)
Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya
Setiap warga negara berkewajiban taat, tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara indonesia
Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.

V.                Materi Pembelajaran :
            Menunjukkan contoh sikap patuh warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

VI.              Pendekatan dan model Pembelajaran :
Pendekatan      : CTL, CT dan JL
Model              : Inquiry

VII.           Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter antara lain
·           Ketakwaan Tewrhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·           Menghargai pendapat
·           Musyawarah untuk mufakat
·           Gotonh Royong
·           Patriotisme
·           Nasionalisme
·           Tanggung Jawab
·           Percaya Diri

Langkah-langkah pembelajaran :

No

Tahapan / Waktu

Kegiatan Belajar
Alat Peraga
1
Infomasi





Ekplorasi
10 menit
Pendahuluan :
v  Apersepsi : Mengaitkan konteks, yaitu kondisi kehidupan nyata siswa dengan materi yang akan dibahas.
Seting ruang dan kesiapan belajar siswa
(Persiapan alat tulis, buku sumber dan motivasi belajar)
v  Motivasi    : Mengajukan permasalahan untuk dibahas
(Guru mengkontekstualkan materi dengan dunia siswa dan nyata lingkungannya.)
Informasi :Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dari materi arti penting hukum bagi warga negara.
Pwr point

Slide
 1 -3

2

Elaborasi 20 menit


Explanation
40 menit



Kegiatan Inti :
Siswa dalam setiap kelompok bekerja sama untuk mengkonstruksi materi-materi berikut :
Selanjutnya Guru membagi siswa dalam kelompok



Pwr point

Slide
 1 -3

3

Konfirmasi
Dan Refleksi
10 menit

Penutup :
e.    Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
f.     Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
Pengerjaan latihan pada LKS secara bekelompok.

Pwr point

Slide
 1 -3



VIII.         Sarana dan Sumber Pembelajaran
1.                   Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
2.                   Guru BP/BK; PKS Kesiswaan dll.


IX.              Penilaian dan Tindak Lanjut
Aspek Kognitif (Tes lisan) :
a.              Apa pentingnya kepatuhan warga Negara terhadap norma yang berlaku?
b.             Beri contoh perilaku patuh terhadap norma masyarakat!

Produk (laporan hasil wawancara dan pengamatan), dengan format:

No
Nama
Laporan Hasil Diskusi Kelompok
Ketepatan waktu mengumpulkan
Kerapihan Catatan
Kelengkapan
Ketepatan Analisis
Kedalaman isi analisis
Sistematika
Total
Nilai
1
2
…….
…….








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran          : Kewarganegaraan
Materi Pokok            : Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi
Kelas / Semeseter      : VII / 1
Waktu                       : 2 X 40 menit
Pertemuan ke            : 8



I.                    Standar Kompetensi :
Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.

II.                 Kompetensi Dasar :
Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan

III.               Indikator :
            1.         Menjelaskan hakekat dan pentingnya kemerdekaan suatu bangsa dalam mewujudkan cita-                            cita       nasional.
            2.         Mengambarkan penderitaan dan perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah dalam                                 kurun   waktu   sebelum tahun 1908 s.d. 1959.
KKM   71
IV.              Tujuan Pembelajaran :
            Setelah proses pembelajaran siswa dapat arti proklamasi bagi bangsa Indonesia.

V.                 Materi Pembelajaran :
Asal kata Proklamasi adalah dari kata “proclamatio” (bhs. Yunani) yang artinya pengumuman kepada seluruh rakyat. Pengumunan tersebut terutama pada hal-hal yang berhubungan dengan ketatanegaraan. Proklamasi Kemerdekaan merupakan pengumumam kepada seluruh rakyat akan adanya kemerdekaan.
Pengumuman akan adanya kemerdekaan tersebut sebenarnya tidak hanya ditujukan kepada rakyat dari negara yang bersangkutan namun juga kepada rakyat yang ada di seluruh dunia dan kepada semua bangsa yang ada di muka bumi ini.

VI.              Pendekatan dan Model
            Pendekatan      : CL
            Model              :  Decision Making

VII.           Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter antara lain
·                Ketakwaan Tewrhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·                Menghargai pendapat
·                Musyawarah untuk mufakat
·                Gotonh Royong
·                Patriotisme
·                Nasionalisme
·                Tanggung Jawab
·                Percaya Diri

            Langkah-langkah pembelajaran :

No

Tahapan / Waktu

Kegiatan Belajar
Alat Peraga
1
Infomasi





Ekplorasi
10 menit
Pendahuluan :
v  Apersepsi : Mengaitkan konteks, yaitu kondisi kehidupan nyata siswa dengan materi yang akan dibahas.
Seting ruang dan kesiapan belajar siswa
(Persiapan alat tulis, buku sumber dan motivasi belajar)
v  Motivasi    : Mengajukan permasalahan untuk dibahas
(Guru mengkontekstualkan materi dengan dunia siswa dan nyata lingkungannya.)
Informasi :Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dari materi arti kemerdekaan dan makna proklamasi.
Pwr point

Slide
 1 -3

2

Elaborasi 20 menit


Explanation
40 menit



Kegiatan Inti :
Siswa dalam setiap kelompok bekerja sama untuk mengkonstruksi materi-materi berikut :
Selanjutnya Guru membagi siswa dalam kelompok



Pwr point

Slide
 1 -3

3

Konfirmasi
Dan Refleksi
10 menit

Penutup :
a.    Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
b.    Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
Pengerjaan latihan pada LKS secara bekelompok.

Pwr point

Slide
 1 -3



VII. Sarana dan Sumber Pembelajaran
1.                   UUD 45 hasil amandemen.
2.                   Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
3.                   Gambar proklamator Sukarno-Hatta.
4.                   Lembar pengamatan kinerja

VIII. Penilaian dan Tindak Lanjut
1.                   Kinerja :

No
Nama
Aktivitas Dalam Pembelajaran
Total
Presentasi
Menanggapi
Bertanya
Menjawab
Kerjasama
Kesungguhan & Partisipasi
Etika berpendapat
1
2
…….
…….









2.                    Tes Kognitif (lisan (kuis) :
a.          Apakah arti kemerdekaan?
b.         Apa arti Proklamasi?
c.          Siapakah tokoh proklamator RI?
d.         Apa isi teks proklamasi RI?
e.          Sebutkan bunyi pembukaan alenia 1 yang yang menerangkan tentang adalah hak segala       bangsa!
f.     Mengapa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan?
g.          Bagaimana usaha-usaha yang harus dilakukan untuk mengisi kemerdekaan dewasa ini?

3.                    Produk :

No
Nama
Laporan Hasil Diskusi Kelompok
Ketepatan waktu mengumpulkan
Kerapihan Catatan
Kelengkapan
Ketepatan Analisis
Kedalaman isi analisis
Sistematika
Total
Nilai
1
2
…….
…….










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran          : Kewarganegaraan
Materi Pokok            : Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi
Kelas / Semeseter      : VII / 1
Waktu                          : 2 X 40 menit
Pertemuan ke            -  : 9


I.                    Standar Kompetensi :
·           Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.

II.                 Kompetensi Dasar :
·           Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan

III.               Indikator :
·           Menggambarkan penderitaan rakyat Indonesia di bawah penjajahan.
·           Menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia dalam kurun waktu sebelum 1908
·           KKM 71

IV.              Tujuan Pembelajaran :
            Setelah proses pembelajaran selesai siswa dapat :
1.         Menggambarkan fase perjuangan rakyat Indonesia sebelum 1908
2.         Menggambarkan fase perjuangan rakyat Indonesia 1908-1928
3.         Menggambarkan fase perjuangan rakyat Indonesia 1928-1945
4.         Menggambarkan fase perjuangan rakyat Indonesia 1945-1959

V.                 Materi Pembelajaran :
a.         Fase perjuangan rakyat Indonesia sebelum 1908
b.         Fase perjuangan rakyat Indonesia 1908-1928
c.         Fase perjuangan rakyat Indonesia 1928-1945
d.         Fase perjuangan rakyat Indonesia 1945-1959

VI.              Pendekatan dan Model Pembelajaran
            Pendekatan      : CTL, CL dan JL
            Model              : Jigsaw

VII.           Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter antara lain
·           Ketakwaan Tewrhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·           Menghargai pendapat
·           Musyawarah untuk mufakat
·           Gotonh Royong
·           Patriotisme
·           Nasionalisme
·           Tanggung Jawab
·           Percaya Diri





            Langkah-langkah pembelajaran :


No

Tahapan / Waktu

Kegiatan Belajar
Alat Peraga
1
Infomasi





Ekplorasi
10 menit
Pendahuluan :
v  Apersepsi : Mengaitkan konteks, yaitu kondisi kehidupan nyata siswa dengan materi yang akan dibahas.
Seting ruang dan kesiapan belajar siswa
(Persiapan alat tulis, buku sumber dan motivasi belajar)
v  Motivasi    : Mengajukan permasalahan untuk dibahas
(Guru mengkontekstualkan materi dengan dunia siswa dan nyata lingkungannya.)
Informasi :Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dari materi penderitaan dibawah penjajahan
Pwr point

Slide
 1 -3

2

Elaborasi 20 menit


Explanation
40 menit



Kegiatan Inti :
Siswa dalam setiap kelompok bekerja sama untuk mengkonstruksi materi-materi berikut :
Selanjutnya Guru membagi siswa dalam kelompok



Pwr point

Slide
 1 -3

3

Konfirmasi
Dan Refleksi
10 menit

Penutup :
c.    Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
d.    Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
Pengerjaan latihan pada LKS secara bekelompok.

Pwr point

Slide
 1 -3





VII. Sarana dan Sumber Pembelajaran
1.                   Kartu masalah.
2.                   Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
3.                   Photo Pahlawan Pangeran Diponegoro
4.                   Lembar pengamatan belajar

VIII. Penilaian dan Tindak Lanjut
Kinerja

No
Nama
Aktivitas Dalam Pembelajaran
Total
Presentasi
Menanggapi
Bertanya
Menjawab
Kerjasama
Kesungguhan & Partisipasi
Etika berpendapat
1
2
…….
…….










Produk :

No
Nama
Laporan Hasil Diskusi Kelompok
Ketepatan waktu mengumpulkan
Kerapihan Catatan
Kelengkapan
Ketepatan Analisis
Kedalaman isi analisis
Sistematika
Total
Nilai
1
2
…….
…….










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran          : Kewarganegaraan
Materi Pokok            : Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi
Kelas / Semeseter      : VII / 2
Waktu                       : 2 X 40 menit
Pertemuan ke            : 10

I.                    Standar Kompetensi :
·           Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.

II.                 Kompetensi Dasar :
·           Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan

III.               Indikator :
·      Menggambarkan penderitaan rakyat Indonesia di bawah penjajahan.
·      Menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia dalam kurun waktu sedah 1908 sampai                 
·      KKM 71

IV.              Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran selesai siswa dapat :
a.         Menggambarkan fase perjuangan rakyat Indonesia sebelum 1908
b.         Menggambarkan fase perjuangan rakyat Indonesia 1908-1928
c.         Menggambarkan fase perjuangan rakyat Indonesia 1928-1945
d.         Menggambarkan fase perjuangan rakyat Indonesia 1945-1959

V.                 Materi Pembelajaran :
Perbedaan perjuangan sebelum tahun 1908 dan sesudah tahun 1908
Sebelum tahun 1908
Bersifat kedaerahan, tergantung pada seorang pemimpin, dipimpin oleh raja,pangeran,ulama, bersifat perjuangan fisik bersenjata.
Sesudah tahun 1908
Bersifat nasional, tidak bergantung pada satu pemimpin, dipimpin oleh para cendikiawan,dan perjuangan melalui jalur organisasi.

VI.              Pendekatan dan Model Pembelajaran :
Pendekatan      : CTL, CL dan JL
Model              : Sosio drama


VII.           Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter antara lain
  • Ketakwaan Tewrhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  • Menghargai pendapat
  • Musyawarah untuk mufakat
  • Gotonh Royong
  • Patriotisme
  • Nasionalisme
  • Tanggung Jawab
  • Percaya Diri



Langkah-langkah pembelajaran :

No

Tahapan / Waktu

Kegiatan Belajar
Alat Peraga
1
Infomasi





Ekplorasi
10 menit
Pendahuluan :
v  Apersepsi : Mengaitkan konteks, yaitu kondisi kehidupan nyata siswa dengan materi yang akan dibahas.
Seting ruang dan kesiapan belajar siswa
(Persiapan alat tulis, buku sumber dan motivasi belajar)
v  Motivasi    : Mengajukan permasalahan untuk dibahas
(Guru mengkontekstualkan materi dengan dunia siswa dan nyata lingkungannya.)
Informasi :Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dari materi penderitaan rakyat dibawah penjajahan
Pwr point

Slide
 1 -3

2

Elaborasi 20 menit


Explanation
40 menit



Kegiatan Inti :
Siswa dalam setiap kelompok bekerja sama untuk mengkonstruksi materi-materi berikut :
Selanjutnya Guru membagi siswa dalam kelompok



Pwr point

Slide
 1 -3

3

Konfirmasi
Dan Refleksi
10 menit

Penutup :
e.    Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
f.     Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
Pengerjaan latihan pada LKS secara bekelompok.

Pwr point

Slide
 1 -3




VIII.         Sarana dan Sumber Pembelajaran
1.             Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
2.             Naskah sosiodrama
3.             Lembar pengamatan

IX.              Penilaian dan Tindak Lanjut
1.                   Kinerja :

No
Nama Kelompok
Aspek penilaian Sosidrama
Total
Penghayatan peran
Setting/Cerita
Kesungguhan









2. Produk (laporan scenario sosiodrama)
No
Nama Kelompok
Aspek penilaian Sosidrama
Total
Skenario
Bahasa
Kejelasan tokoh











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran          : Kewarganegaraan
Materi Pokok               : Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi
Kelas / Semeseter         : VII / 1
Waktu                          : 2 X 40 menit
Pertemuan ke               : 11 dan 12

I.                    Standar Kompetensi :
            Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.

II.                 Kompetensi Dasar :
            Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama

III.               Indikator :
·           Menggambarkan suasana siding penetapan konstitusi pertama
·           Menjelaskan hasil-hasil siding PPKI 18 Agustus 1945
·           Menjelaskan implikasi hokum hasil sidang PPKI 18 Agustus 1945 terhadap syarat                                  pembentukan Negara
·           KKM 71

IV.              Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat :
a.         Menjelaskan suasana kebatinan sidang PPKI 18 Agustus 1945
b.         Menjelaskan hasil-hasil sidang PPKI 18 Agustus 1945
c.         Menjelaskan implikasi hokum hasil sidang PPKI dengan syarat terbentuknya negara

V.                 Materi Pembelajaran :
Kemudian pertemuanpun dilakukan dalam bentuk rapat PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau disebut juga Dokuritsu Zyunbi
Inkai dalam bahasa Jepang). Para pejuang golongan muda tidak menyetujui rapat itu, dan menganggap PPKI adalah sebuah badan yang dibentuk oleh Jepang. Mereka menginginkan kemerdekaan atas
usaha bangsa kita sendiri, bukan dari pemberian Jepang. Pada saat itu para pejuang golongan muda kehilangan kesabaran kemudian mereka menculik Soekarno dan Hatta serta membawanya ke Rengasdengklok.

VI.              Pendekatan dan Model Pembelajaran :
            Pendekatan      : CTL, CL dan JL
            Model              : Diskusi dan Simulasi

VII.           Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter antara lain
  • Ketakwaan Tewrhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  • Menghargai pendapat
  • Musyawarah untuk mufakat
  • Gotonh Royong
  • Patriotisme
  • Nasionalisme
  • Tanggung Jawab
  • Percaya Diri



            Langkah-langkah pembelajaran :


No

Tahapan / Waktu

Kegiatan Belajar
Alat Peraga
1
Infomasi





Ekplorasi
10 menit
Pendahuluan :
v  Apersepsi : Mengaitkan konteks, yaitu kondisi kehidupan nyata siswa dengan materi yang akan dibahas.
Seting ruang dan kesiapan belajar siswa
(Persiapan alat tulis, buku sumber dan motivasi belajar)
v  Motivasi    : Mengajukan permasalahan untuk dibahas
(Guru mengkontekstualkan materi dengan dunia siswa dan nyata lingkungannya.)
Informasi :Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dari materi siding PPKI
Pwr point

Slide
 1 -3

2

Elaborasi 20 menit


Explanation
40 menit



Kegiatan Inti :
Siswa dalam setiap kelompok bekerja sama untuk mengkonstruksi materi-materi berikut :
Selanjutnya Guru membagi siswa dalam kelompok



Pwr point

Slide
 1 -3

3

Konfirmasi
Dan Refleksi
10 menit

Penutup :
g.    Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
h.    Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
Pengerjaan latihan pada LKS secara bekelompok.

Pwr point

Slide
 1 -3






VII. Sarana dan Sumber Pembelajaran
1.             Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
2.             Naskah simulasi
3.             lembar pengamatan simulasi

VIII. Penilaian dan Tindak Lanjut
1.                    Kinerja :
No
Nama
Aktivitas Dalam Pembelajaran
Total
Presentasi
Menanggapi
Bertanya
Menjawab
Kerjasama
Kesungguhan & Partisipasi
Etika berpendapat
1
2
…….
…….








            2. Tes lisan , dengan pertanyaan :
            1. Apa hasil sidang PPKI 18 Agustus 1945
            2. Apa implikasi hokum hasil sidang PPKI terhadap kelengkapan syarat terbentuknya Negara
            3. Pengamatan Simulasi :
No
Nama Kelompok
Aspek penilaian Sosidrama
Total
Penghayatan peran
Setting/Cerita
Kesungguhan








4.                    Produk (laporan scenario sosiodrama)
No
Nama Kelompok
Aspek penilaian Sosidrama
Total
Skenario
Bahasa
Kejelasan tokoh










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran             : Kewarganegaraan
Materi Pokok               : Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi
Kelas / Semeseter         : VII / 1
Waktu                          : 2 X 40 menit
Pertemuan ke               : 13


I.                    Standar Kompetensi :
            Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.

II.                 Kompetensi Dasar :
            Menganalisis hubungan antara proklamasi kemerdekaan dan UUD 1945.

III.               Indikator :
·           Menjelaskan makna konstitusi
·           Menjelaskan pembagian konstitusi
·           Menjelaskan proklamasi sebagai sumber hokum pertama
·           Menganalsis hubungan proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945.
·           KKM 71

IV.              Tujuan Pembelajaran :
            Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat :
a.         Menjelaskan makna konstitusi
b.         Menjelaskan pembagian konstitusi
c.         Menjelaskan proklamasi sebagai sumber hokum pertama
d.         Menganalsis hubungan proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945

V.                 Materi Pembelajaran :
Konstitusi sering disebut sebagai Undang-Undang Dasar, meskipun arti konstitusi itu sendiri adalah hukum dasar yang tertulis dan tidak tertulis. Undang-Undang Dasar tergolong hukum dasar yang tertulis, sedangkan hukum dasar yang tidak tertulis adalah aturan-aturan dasar yang timbul dan terpelihara dalam praktek penyelenggaraan negara, meskipun tidak tertulis. Hukum dasar yang tidak tertulis ini sering disebut konvensi. Dikatakan konvensi karena mempunyai sifat-sifat sebagai berikut:
1. merupakan kebiasaan yang berulang-ulang dan terpelihara dalam praktek penyelenggaraan
    negara;
2. tidak bertentangan dengan Undang-Undang Dasar dan berjalan sejajar;
3. diterima oleh seluruh rakyat;
4. bersifat pelengkap, sehingga memungkinkan sebagai aturan dasar yang tidak terdapat dalam
    Undang-Undang Dasar.
Aturan dasar yang timbul dan terpelihara dalam praktek penyelenggaraan negara pada saat Orde Baru misalnya pidato kenegaraan Presiden setiap tanggal 16 Agustus setiap tahunnya di hadapan anggota Dewan
VI . Pendekatan dan Model Pembelajaran :
            Pendekatan      : CTL, CL dan JL
            Model              : Group To Group Exchange

VI.              Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter antara lain
  • Ketakwaan Tewrhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  • Menghargai pendapat
  • Musyawarah untuk mufakat
  • Gotonh Royong
  • Patriotisme
  • Nasionalisme
  • Tanggung Jawab
  • Percaya Diri

            Langkah-langkah pembelajaran


No

Tahapan / Waktu

Kegiatan Belajar
Alat Peraga
1
Infomasi





Ekplorasi
10 menit
Pendahuluan :
v  Apersepsi : Mengaitkan konteks, yaitu kondisi kehidupan nyata siswa dengan materi yang akan dibahas.
Seting ruang dan kesiapan belajar siswa
(Persiapan alat tulis, buku sumber dan motivasi belajar)
v  Motivasi    : Mengajukan permasalahan untuk dibahas
(Guru mengkontekstualkan materi dengan dunia siswa dan nyata lingkungannya.)
Informasi :Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dari materi makna konstitusi.
Pwr point

Slide
 1 -3

2

Elaborasi 20 menit


Explanation
40 menit



Kegiatan Inti :
Siswa dalam setiap kelompok bekerja sama untuk mengkonstruksi materi-materi berikut :
Selanjutnya Guru membagi siswa dalam kelompok



Pwr point

Slide
 1 -3

3

Konfirmasi
Dan Refleksi
10 menit

Penutup :
a.    Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
b.    Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
Pengerjaan latihan pada LKS secara bekelompok.

Pwr point

Slide
 1 -3



VII. Sarana dan Sumber Pembelajaran
1.      UUD 45 hasil amandemen.
2.      Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber

VIII. Penilaian dan Tindak Lanjut
1. Kinerja :

No
Nama
Aktivitas Dalam Pembelajaran
Total
Presentasi
Menanggapi
Bertanya
Menjawab
Kerjasama
Kesungguhan & Partisipasi
Etika berpendapat
1
2
…….
…….









2. Tes Kognitif , dengan pertanyaan :
a.                  Apa hubungan proklamasi dengan kedaulatan RI?
b.                  Apa arti kedaulatan ke dalam?
c.                  Apa arti kedaulatan ke laur?
d.                  Siapakah yang pertama kali mensahkan UUD 45?
e.                  Apa hasil siding PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945?
f.                   Apa syarat berdirinya suatu Negara?
g.                  Kapan Indonesia terbentuk menjadi sebuah Negara yang berdaulat?
h.                  Apa hubungan UUD 45 dengan konstitusi?
i.                    Apa yang dimaksud dengan konstitusi?
j.                    Sebutkan pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 45?
k.                  Apa makna Pembukaan UUD 45 alenia kesatu?
l.                    Apa makna Pembukaan UUD 45 alenia kedua?
m.                Apa makna Pembukaan UUD 45 alenia ketiga?
n.                  Apa makna Pembukaan UUD 45 alenia keempat?
o.                  Apa tujuan Negara kita yang tercamtum dalam Pembukaan UUD 45 alenia keempat?

3.                    Produk :

No
Nama
Laporan Hasil Diskusi Kelompok
Ketepatan waktu mengumpulkan
Kerapihan Catatan
Kelengkapan
Ketepatan Analisis
Kedalaman isi analisis
Sistematika
Total
Nilai
1
2
…….
…….







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran          : Kewarganegaraan
Materi Pokok            : Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi
Kelas / Semeseter      : VII / 1
Waktu                       : 2 X 40 menit
Pertemuan ke            : 14


I.                    Standar Kompetensi :
            Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.

II.                 Kompetensi Dasar :
            Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana kebatinan            konstitusi pertama.

III.               Indikator :
1.         Menunjukkan nilai-nilai semangat proklamasi  yang dapat diteladani
2.         Menganalisis sikap dan perilaku yang bertentangan dengan nilai semangat proklamasi                dewasa ini
3.         Menampilkan sikap dan perilaku yang memcerminkan nilai dan semangat proklamasi.
4.         KKM 71

IV.              Tujuan Pembelajaran :
            Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat :
a.              Menunjukkan nilai-nilai semangat proklamasi yang dapat diteladani
b.             Menganalisis sikap dan perilaku yang bertentangan dengan nilai semangat proklamasi              dewasa ini
c.              Menampilkan sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai dan semangat proklamasi.

V.                 Materi Pembelajaran :
1.             Nilai semangat proklamasi (Nilai juang 1945)
2.             Sikap dan perilaku yang bertentangan dengan nilai semangat proklamasi
3.             Sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai semangat proklamasi.

VI.              Pendekatan dan Model Pembelajaran  :
            Pendekatan      : CL dan CTL
            Model              : Problem solving
VII.           Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter antara lain
·                Ketakwaan Tewrhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·                Menghargai pendapat
·                Musyawarah untuk mufakat
·                Gotonh Royong
·                Patriotisme
·                Nasionalisme
·                Tanggung Jawab
·                Percaya Diri

            Langkah-langkah :

No

Tahapan / Waktu

Kegiatan Belajar
Alat Peraga
1
Infomasi





Ekplorasi
10 menit
Pendahuluan :
v  Apersepsi : Mengaitkan konteks, yaitu kondisi kehidupan nyata siswa dengan materi yang akan dibahas.
Seting ruang dan kesiapan belajar siswa
(Persiapan alat tulis, buku sumber dan motivasi belajar)
v  Motivasi    : Mengajukan permasalahan untuk dibahas
(Guru mengkontekstualkan materi dengan dunia siswa dan nyata lingkungannya.)
Informasi :Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dari materi semangat proklamasi yang perlu diteladani.
Pwr point

Slide
 1 -3

2

Elaborasi 20 menit


Explanation
40 menit



Kegiatan Inti :
Siswa dalam setiap kelompok bekerja sama untuk mengkonstruksi materi-materi berikut :
Selanjutnya Guru membagi siswa dalam kelompok



Pwr point

Slide
 1 -3

3

Konfirmasi
Dan Refleksi
10 menit

Penutup :
c.    Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
d.    Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
Pengerjaan latihan pada LKS secara bekelompok.

Pwr point

Slide
 1 -3

VII. Sarana dan Sumber Pembelajaran
a.         Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
b.        Koran, majalah dll

VIII. Penilaian dan Tindak Lanjut
1. Kinerja :

No
Nama
Aktivitas Dalam Pembelajaran
Total
Presentasi
Menanggapi
Bertanya
Menjawab
Kerjasama
Kesungguhan & Partisipasi
Etika berpendapat
1
2
…….
…….









2. Tes Kognitif , dengan pertanyaan :
a.         Jelaskan nilai semangat proklamasi (nilai juang 45) yang harus diteladani saat ini!
b.        Jelaskan sikap dan perialku warga masyarakat yang bertentangan dengan nilai semangat   juang 45!
c.         Bagaimana cara memupuk nilai semangat jaung 45 dewsa ini?

4.                    Produk :

No
Nama
Laporan Hasil Diskusi Kelompok
Ketepatan waktu mengumpulkan
Kerapihan Catatan
Kelengkapan
Ketepatan Analisis
Kedalaman isi analisis
Sistematika
Total
Nilai
1
2
…….
…….











                                                                                                Bekasi,   Juli 2010
Mengetahui,                                                                            Guru PKn,

Kepala Sekolah                                                                                  

                                                                                                Zainir,S.Pd
                                                                                                Nip 19670818 200701 1 021
Drs Usman Effendi M.M
Nip. 19570516 198308 1 002
-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar