PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : Kewarganegaraan
Materi Pokok : Demokrasi Dalam Berbagai Aspek
Kelas / Semester : VIII / 2
Waktu : 2 pert x 2 X 40 menit
Pertemuan ke- : 1 s.d. 2
KKM : 76
I.
Standar Kompetensi :
·
Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek
kehidupan
II. Kompetensi Dasar
:
·
Menjelaskan hakekat demokrasi dan
macam demokrasi
III. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah selesai
proses pembelajaran siswa dapat Menjelaskan hakekat demokrasi
IV. Indikator
Setelah akhir
pembelajaran kompetensi yang diharapkan
siswa dapat :
- Mendefinisikan konsep demokrasi
- Menjelaskan macam-macam dari bagai mana aspirasi rakyat disampaikan
- Menjelaskan macam demokrasi dari ideologi
- Menjelaskan macam macam demokrasi dari wilayah
- Contoh-contoh sikap perilaku yang bertentangan dengan Pancasila sebagai bentuk korupsi di Indonesia.
- Alasan orang tidak boleh melakukan penggelapan, pemalsuan, pemborosan, kolusi, nepotisme, persaingan tidak sehat, dsb.
- Pentingnya hidup mandiri, disiplin, kerja keras, hemat dan bertanggung jawab dalam menghadapi segala tantangan.
V. Materi
Pembelajaran :
a.
Pengertian pengertian demokrasi
b.
Menjelaskan macam demokrasi dari bagaimana
aspirasi disampaikan
c.
Macam demokrasi dari ideologi
d.
Macam demokrasi dari wilayah
VI. Pendekatan dan
Model Pembelajaran :
Pendekatan : CTL dan CL
Model : Konstruktivisme dengan NHT
VII.
Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter
antara lain
·
Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang
Maha Esa.
·
Menghargai pendapat
·
Musyawarah untuk mufakat
·
Gotonh Royong
·
Patriotisme
·
Nasionalisme
·
Tanggung Jawab
·
Percaya Diri
VIII.
Strategi
dan Langkah-
langkah :
No |
Kegiatan Belajar
|
Waktu (menit)
|
1
|
Pendahuluan :
a.
Cek kehadiran
b.
Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber
belajar dan kesiapan belajarnya.
c.
Yel-yel
d.
Apersepsi :
Guru menanyakan
apakah kalian sering diajak berdialog oleh orang tua dalam menentukan aturan
di keluarga.
e.
Pengetahuan Prasyarat :
Semua SK semester 1
f.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai
g.
Penjajagan materi dengan bertanya berasal dari
kata apakah konsep demokrasi.
h.
Siswa duduk dalam kelompok belajar kecil, dengan
mempertimbangkan siswa pintar dan siswa biasa, dan bernomor.
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti :
a.
Suruh siswa untuk menempel gambar/photo
pemilu/pilkada/pilkades/rapat*)
b.
Siswa mengeksplor pandangannya untuk mengomentari
gambar, yakni pemilu/pilkada/pilkades/rapat*) bagaimana yang kalian
kehendaki.
c.
Klarifikasi pelaksanaan pemilu yang benar..
d.
Siswa berdiskusi menganalisis buku sumber untuk
menemukan :
1.
Pengertian konsep demokrasi
2.
Sejarah pelaksanaan demokrasi pertama
3.
Perbandingan demokrasi langsung dengan tidak
langsung
4.
Pengertian DP
5.
Ciri dan keunggulan DP
6.
Landasan Pelaksanaan DP.
7.
Perbandingan DP dengan demokrasi barat.
|
50’
|
3
|
Penutup :
a.
Refleksi
1.
Analisis kesulitan siswa menyelesaikan tugas.
b.
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
1.
Pengkajian ulang di rumah
materi yang didiskusikan.
2.
Presentasi minggu depan
sesuai model NHT
|
20’
|
Pertemuan 2
No |
Kegiatan Belajar
|
Waktu (menit)
|
1
|
Pendahuluan :
a.
Cek kehadiran
b.
Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber
belajar dan kesiapan belajarnya.
c.
Yel-yel
d.
Apersepsi :
Guru menanyakan
kesiapan presentasi tugas minggu lalu
Seting ruang
dan kelompok tugas presentasi.
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti :
a.
Siswa yang bernomor 1 dari tiap kelompok mewakili
untuk mempresentasikan hasil diskusi
b.
Kelompok lain memberikan tanggapan.
c.
Klarifikasi kebenaran hasil diskusi semua kelompok
dalam diskusi kelas.
d.
Pemberian reward kepada kelompok dengan penampilan
dan kerjasama terbaik.
|
50’
|
3
|
Penutup :
a.
Tunjuk salah seorang siswa untuk merefleksi
tentang materi yang telah dibahas bersama.
b.
Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan
siswa.
c.
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
1.
Pengkajian ulang di rumah
materi yang sudah diajarkan.
2.
Pelajari materi minggu depan
yakni pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat.
|
20’
|
IX. Sarana dan Sumber
Pembelajaran
1.
Photo/ gambar Pemilu/Pilkada/Pilkades/Sidang
2.
Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
3.
UUD 1945 hasil amandemen
4.
Lembar pengamatan penilaian
X. Penilaian dan
Tindak Lanjut
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
1.
Mendefinisikan konsep demokrasi
2.
Menguraikan sejarah pelaksanaan demokrasi pertama
3.
Menjelaskan macam-macam pelaksanaan demokrasi
dalam kehidupan bernegara
4.
Menjelaskan hakekat demokrasi Pancasila dan
pelaksanaannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
a. Demokrasi
berasal dari bahasa Yunani yakni kata
demos dan kratein, jelaskan.
b. Dimanakah
pertama kali demokrasi dilaksanakan?
c. Apa bedanya
pelaksanaan demokrasi langsung dengan demokrasi tidak langsung?
d. Mengapa
demokrasi langsung untuk dewasa ini sangat sulit dilaksanakan, terutama dalam
pemilihan presiden
e. Apa yang
dimaksud dengan demokrasi Pancasila
f. Jelaskan cirri
keunggulan DP?
g. Apa landasan
pelaksanaan DP?
h. Pelaksanaan
Demokrasi di tiap Negara dipengaruhi ideology negaranya masing-masing.
Jelaskan!
i.
Sebutkan 2 demokrsai barat. Jelaskan !
j.
Isilah bagah berikut ini:
|
1.
Kinerja (pengamatan diskusi dan kerja kelompok),
dengan format :
No
|
Nama
|
Aktivitas Dalam
Pembelajaran
|
Total
|
||||||
Minat/ Motivasi
|
Kreativitas
|
Bertanya
|
Menjawab
|
Kerjasama
|
Kesungguhan &
Partisipasi
|
Sikap
|
|||
1
|
…….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Jenis Demokrasi
|
Ciri Pelaksanaanya
|
Negara Penganutnya
|
1
|
Demokrasi Pancasila
|
|
|
2
|
Demokrasi Liberal
|
|
|
3
|
Demokrasi Rakyat/Sosialis
|
|
|
2.
Produk (laporan hasil diskusi), dengan format:
No
|
Nama
|
Laporan Hasil Diskusi
Kelompok
|
||||||
Ketepatan waktu
mengumpulkan
|
Kerapihan Catatan
|
Kelengkapan
|
Bahasa sesuai EYD
|
Kedalaman isi analisis
|
Sistematika
|
Total
Nilai
|
||
1
2
|
…….
…….
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Penyajian hasil diskusi, dengan format:
No
|
Nomor /Kelompok
|
Penyajian Hasil Diskusi
|
||||||
Penampilan
|
Isi
|
Penguasaan Materi
|
Teknik Bicara
|
Sistematika
|
Gaya Bahasa
|
Total
Nilai
|
||
1
2
|
…….
…….
|
|
|
|
|
|
|
|
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : Kewarganegaraan
Materi Pokok : Demokrasi Dalam Berbagai Aspek
Kelas / Semester : VIII / 2
Waktu : 2 pert x 2 X 40 menit
Pertemuan ke- : 1 s.d. 2
KKM : 76
I.
Standar Kompetensi :
·
Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek
kehidupan
II.
Kompetensi Dasar :
·
Menjelaskan hakekat demokrasi dan
macam demokrasi
III.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai
proses pembelajaran siswa dapat Menjelaskan hakekat demokrasi
diharapkan siswa
Dapat 1. Mejelaskan sejarah lahirnya demokrasi
2.
Menjelaskan tenggelamnya demokrasi
3.
Menjelaskan bangkitnya demokrasi
4.
Menjelaskan rule of law
IV.
Indikator
- Menguraikan sejarah lahirnya demokrasi
- Menjelaskan sebab sebab tenggelamnya demokrasi
- Menjelaskan munculnya demokrasi
- Menjelaskan rule of law
- Contoh-contoh sikap perilaku yang bertentangan dengan Pancasila sebagai bentuk korupsi di Indonesia.
- Alasan orang tidak boleh melakukan penggelapan, pemalsuan, pemborosan, kolusi, nepotisme, persaingan tidak sehat, dsb.
- Pentingnya hidup mandiri, disiplin, kerja keras, hemat dan bertanggung jawab dalam menghadapi segala tantangan.
V.
Materi Pembelajaran :
a.
Menguraikan lahirnya demokrasi di polis athena
b.
Menjelaskan tenggelamnya demokrasi
c.
Menjelaskan bangkitnya demokrasi
d.
Menjelaskan rule of law
VI.
Pendekatan dan Model Pembelajaran :
Pendekatan : CTL dan CL
Model : Konstruktivisme dengan NHT
VII.
Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter
antara lain
·
Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang
Maha Esa.
·
Menghargai pendapat
·
Musyawarah untuk mufakat
·
Gotonh Royong
·
Patriotisme
·
Nasionalisme
·
Tanggung Jawab
·
Percaya Diri
VIII.
Strategi
dan Langkah-
langkah :
No |
Kegiatan Belajar
|
Waktu (menit)
|
1
|
Pendahuluan :
i.
Cek kehadiran
j.
Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber
belajar dan kesiapan belajarnya.
k.
Yel-yel
l.
Apersepsi :
Guru menanyakan
apakah kalian sering diajak berdialog oleh orang tua dalam menentukan aturan
di keluarga.
m.
Pengetahuan Prasyarat :
Semua SK semester 1
n.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai
o.
Penjajagan materi dengan bertanya berasal dari
kata apakah konsep demokrasi.
p.
Siswa duduk dalam kelompok belajar kecil, dengan
mempertimbangkan siswa pintar dan siswa biasa, dan bernomor.
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti :
e.
Suruh siswa untuk menempel gambar/photo
pemilu/pilkada/pilkades/rapat*)
f.
Siswa mengeksplor pandangannya untuk mengomentari
gambar, yakni pemilu/pilkada/pilkades/rapat*) bagaimana yang kalian
kehendaki.
g.
Klarifikasi pelaksanaan pemilu yang benar..
h.
Siswa berdiskusi menganalisis buku sumber untuk
menemukan :
8.
Pengertian konsep demokrasi
9.
Sejarah pelaksanaan demokrasi pertama
10. Perbandingan
demokrasi langsung dengan tidak langsung
11. Pengertian DP
12. Ciri dan
keunggulan DP
13. Landasan
Pelaksanaan DP.
14. Perbandingan DP
dengan demokrasi barat.
|
50’
|
3
|
Penutup :
c.
Refleksi
2.
Analisis kesulitan siswa menyelesaikan tugas.
d.
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
3.
Pengkajian ulang di rumah
materi yang didiskusikan.
4.
Presentasi minggu depan
sesuai model NHT
|
20’
|
Pertemuan 2
No |
Kegiatan Belajar
|
Waktu (menit)
|
1
|
Pendahuluan :
e.
Cek kehadiran
f.
Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber
belajar dan kesiapan belajarnya.
g.
Yel-yel
h.
Apersepsi :
Guru menanyakan
kesiapan presentasi tugas minggu lalu
Seting ruang
dan kelompok tugas presentasi.
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti :
e.
Siswa yang bernomor 1 dari tiap kelompok mewakili
untuk mempresentasikan hasil diskusi
f.
Kelompok lain memberikan tanggapan.
g.
Klarifikasi kebenaran hasil diskusi semua kelompok
dalam diskusi kelas.
h.
Pemberian reward kepada kelompok dengan penampilan
dan kerjasama terbaik.
|
50’
|
3
|
Penutup :
d.
Tunjuk salah seorang siswa untuk merefleksi
tentang materi yang telah dibahas bersama.
e.
Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan
siswa.
f.
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
1.
Pengkajian ulang di rumah
materi yang sudah diajarkan.
2.
Pelajari materi minggu depan
yakni pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat.
|
20’
|
IX.
Sarana dan Sumber Pembelajaran
5.
Photo/ gambar Pemilu/Pilkada/Pilkades/Sidang
6.
Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
7.
UUD 1945 hasil amandemen
8.
Lembar pengamatan penilaian
X.
Penilaian dan Tindak Lanjut
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
5.
Mendefinisikan konsep demokrasi
6.
Menguraikan sejarah pelaksanaan demokrasi pertama
7.
Menjelaskan macam-macam pelaksanaan demokrasi
dalam kehidupan bernegara
8.
Menjelaskan hakekat demokrasi Pancasila dan
pelaksanaannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
a. Demokrasi
berasal dari bahasa Yunani yakni kata
demos dan kratein, jelaskan.
b. Dimanakah
pertama kali demokrasi dilaksanakan?
c. Apa bedanya
pelaksanaan demokrasi langsung dengan demokrasi tidak langsung?
d. Mengapa
demokrasi langsung untuk dewasa ini sangat sulit dilaksanakan, terutama dalam
pemilihan presiden
e. Apa yang
dimaksud dengan demokrasi Pancasila
f. Jelaskan cirri
keunggulan DP?
g. Apa landasan
pelaksanaan DP?
h. Pelaksanaan
Demokrasi di tiap Negara dipengaruhi ideology negaranya masing-masing.
Jelaskan!
i.
Sebutkan 2 demokrsai barat. Jelaskan !
j.
Isilah bagah berikut ini:
|
4.
Kinerja (pengamatan diskusi dan kerja kelompok),
dengan format :
No
|
Nama
|
Aktivitas Dalam
Pembelajaran
|
Total
|
||||||
Minat/ Motivasi
|
Kreativitas
|
Bertanya
|
Menjawab
|
Kerjasama
|
Kesungguhan &
Partisipasi
|
Sikap
|
|||
1
|
…….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Jenis Demokrasi
|
Ciri Pelaksanaanya
|
Negara Penganutnya
|
1
|
Demokrasi Pancasila
|
|
|
2
|
Demokrasi Liberal
|
|
|
3
|
Demokrasi Rakyat/Sosialis
|
|
|
5.
Produk (laporan hasil diskusi), dengan format:
No
|
Nama
|
Laporan Hasil Diskusi
Kelompok
|
||||||
Ketepatan waktu mengumpulkan
|
Kerapihan Catatan
|
Kelengkapan
|
Bahasa sesuai EYD
|
Kedalaman isi analisis
|
Sistematika
|
Total
Nilai
|
||
1
2
|
…….
…….
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
Penyajian hasil diskusi, dengan format:
No
|
Nomor /Kelompok
|
Penyajian Hasil Diskusi
|
||||||
Penampilan
|
Isi
|
Penguasaan Materi
|
Teknik Bicara
|
Sistematika
|
Gaya Bahasa
|
Total
Nilai
|
||
1
2
|
…….
…….
|
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
pelajaran : Kewarganegaraan
Materi
Pokok : Demokrasi dalam berbagai
aspek
Kelas
/ Semeseter : VIII / 2
Waktu : 3 pert X 2 X 40 menit
Pertemuan
ke- : 2
I.
Standar Kompetensi :
Memahami
pelaksaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
II. Kompetensi Dasar
:
Menjelaskan
pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
III.
Tujuan Pembelajaran
Menjelaskan sebab sebab
Indonesia enganut demokrasi liberal
Menguraikan demokrasi terpimpin
Menguraikan demokrasi Pancasila
Menguraikan demokrasi ekonomi
Menguraikan demokrasi pendidikan.
IV. Indikator
Setelah selesai
proses pembelajaran siswa dapat :
1. Menjelaskan masa
demokrasi liberal
2. Menguraikan masa
demokrasi terpimpin
3. Menguraikan
madsa demokrasi pancasila
4. Menguraikan
demokrasi ekonomi
5. Menguraikan
demokrasi pendidikan.
6.
Contoh-contoh sikap perilaku
yang bertentangan dengan Pancasila sebagai bentuk korupsi di Indonesia.
7.
Alasan orang tidak boleh melakukan
penggelapan, pemalsuan, pemborosan, kolusi, nepotisme, persaingan tidak sehat,
dsb.
8.
Pentingnya hidup mandiri,
disiplin, kerja keras, hemat dan bertanggung jawab dalam
menghadapi segala tantangan.
9.
V. Materi
Pembelajaran :
1.
Masa demokrasi liberal
2.
Masa demokrasi terpimpin
3.
Masa demokrasi Pancasila
4.
Demokrasi ekonomi
5.
Demokrasi pendidikan
VI. Pendekatan dan
Model Pembelajaran :
Pendekatan : CTL dan CL
Model :
VII.
Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter
antara lain
·
Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang
Maha Esa.
·
Menghargai pendapat
·
Musyawarah untuk mufakat
·
Gotonh Royong
·
Patriotisme
·
Nasionalisme
·
Tanggung Jawab
·
Percaya Diri
VIII.
Langkah-langkah
Pertemuan 1
No |
Kegiatan Belajar
|
Waktu (menit)
|
1
|
Pendahuluan :
a.
Cek kehadiran
b.
Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber
belajar dan kesiapan belajarnya.
c.
Apersepsi :
Guru mengaitkan
materi minggu lalu.
d.
Pengetahuan Prasyarat :
Arti demokrasi
dan demokrasi Pancasila. Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
e.
Penjajagan materi.
f.
Siswa duduk dalam kelompok yang telah dibentuk.
g.
Semua siswa melantunkan “yel-yel” yang telah
dipersiapkan untuk membuat kelas belajar menjadi semangat.
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti :
a.
Siswa berdiskusi kelompok, mengkaji, mengamati
realitas untuk menemukan:
1.
Arti penting pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara :
2.
Ciri-ciri pemerintahan demokratis di bawah Rule Of
Law dan analisis pelaksanaannya.
b.
Siswa yang
bernomor tertentu (melanjutkan) mempresentasikan hasil temuan diskusinya,
ditanggapi kelompok lainnya.
c.
Klarifikasi kebenaran hasil diskusi bersama guru.
|
50’
|
3
|
Penutup :
a)
Refleksi; perenungan bahwa bangsa akan hancur
(seperti Uni Soviet) kalau pemerintahannya tidak demokrasi (otoriter).
b)
Tindak lanjut (penugasan untuk melanjutkan
pengkajian di rumah dalam kelompok belajarnya)
Bawalah Koran,
majalah dll, untuk mengungkap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai bidang
kehidupan.
|
20’
|
Pertemuan 2
No |
Kegiatan Belajar
|
Waktu (menit)
|
1
|
Pendahuluan :
a.
Cek kehadiran
b.
Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber
belajar dan kesiapan belajarnya.
c.
Apersepsi :
Guru menanyakan
bawaan Koran dll.
d.
Pengetahuan Parasyarat :
Arti penting
dan cirri pemerintahan demokratis.
e.
Informasi tujuan yang ingin dicapai
f.
Penjajagan materi dengan bertanya bagaimana
pelaksanaan demokrasi dalam bidang politik.
g.
Siswa duduk dalam kelompok yang telah dibentuk.
h.
Semua siswa melantunkan “yel-yel” yang telah
dipersiapkan untuk membuat kelas belajar menjadi semangat.
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti :
a.
Siswa berkelompok menganalisis, mengamati dan
mengkaji buku sumber, koran dan majalah untuk menemukan :
1.
Pelaksanaan demokrasi dalam bidang politik
2.
Pelaksanaan demokrasi dalam bidang ekonomi
3.
Pelaksanaan demokrasi dalam bidang sosial budaya
4.
Pelaksanaan demokrasi dalam bidang hukum
b.
Ssiwa menggunting dan memberikan komentar
gambar/photo Koran dan majalah yang ada kaitannya dengan materi di atas.
|
50’
|
3
|
Penutup :
a)
Refleksi kesulitan siswa dalam mengerjakan tugas.
b)
Tindak lanjut dan penugasan :
Lengkapi kajian
dan guntingan koran dll di rumah dan lakukan wawancara untuk menganalisis
sejauhmana pelaksanaan demokrasi dalam setiap aspek itu di Negara kita.
Minggu depan presentasi
tiap kelompok.
|
20’
|
Pertemuan 3
No |
Kegiatan Belajar
|
Waktu (menit)
|
1
|
Pendahuluan :
a.
Cek kehadiran
b.
Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber
belajar dan kesiapan belajarnya.
c.
Apersepsi :
Guru menanyakan
tugas minggu lalu.
d.
Siswa duduk dalam kelompok yang telah dibentuk.
e.
Semua siswa melantunkan “yel-yel” yang telah
dipersiapkan untuk membuat kelas belajar menjadi semangat.
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti :
a.
Setiap siswa yang bernomor tertentu (melanjutkan)
dalam setiap kelompoknya mempresentasikan hasil pengkajian materi minggu lalu
:
b.
Kelompok yang sudah presentasi, memasang guntingan
Koran dll di papan tulis.
c.
Setiap kelompok lainnya memberikan tanggapan untuk
memberikan kelengkapan materi yang dikaji.
d.
Klarifikasi kebenaran dan kelengkapan kajian
dibantu guru.
|
50’
|
3
|
Penutup :
a)
Tunjuk salah seorang siswa untuk merefleksi
tentang materi yang telah dibahas bersama.
b)
Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan
siswa.
c)
Tindak lanjut dan penugasan :
Pelajari materi
untuk minggu depan.
|
20’
|
IX. Sarana dan Sumber
Pembelajaran
1.
Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
2.
Koran, majalah dll
3.
Lembar pengamatan belajar
X. Penilaian dan
Tindak Lanjut:
Pengetahuan
Kewarganegaraan
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
1. Menjelaskan
pentingnya demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2. Menguraikan
ciri-ciri pemerintahan yang demokrastis
3. Menunjukkan
contoh pelaksana an demokrasi dalam segala aspek kehidupan poleksosbudkum.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
1.
Apa pentingnya pelaksanaan demokrasi dalam
kehidupan berbansa dan bernegara?
2.
Apa cirri-ciri pemerintahan yang demokrastis di
bawah Rule Of Law ?
3.
Bagaimana pelaksanaan demokrasi dalam bidang
politik?
4.
Bagaimana pelaksanaan demokrasi dalam bidang
ekonomi?
5.
Bagaimana pelaksanaan demokrasi dalam bidang
sosial budaya?
6.
Bagaimana pelaksanaan demokrasi dalam bidang
hukum?
|
1.
Watak Kewarganegaraan (Minat dan keterampilan proses)
No
|
Nama
|
Aktivitas Dalam
Pembelajaran
|
Total
|
||||||
Minat/ motivasi
|
Kreativitas
|
Bertanya
|
Menjawab
|
Kerjasama
|
Kesungguhan &
Partisipasi
|
Sikap berpendapat
|
|||
1
2
|
……
……
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lakukan
pengamatan realitas untuk menganalsis :
Dalam 2 tahun
pemerintahan Presiden SBY, bagaimana menurut pendapat kalian tentang
pelaksanaan demokrasi dalam berbagai bidang di atas. Berikan penilaiannya
dengan beberapa bukti yang mendukung argumrntasi anda.
Tulis dalam 2
lembar kertas polio, dikumpulkan minggu depan.
Keterampilan
Kewarganegaraan melalui Identifikasi di lingkungan sekitar :
No
|
Instansi yang dipimpin
|
Kategorisasi
|
|||||
Beriman
|
Bermoral
|
Berilmu
|
Terampil
|
Demokratis
|
Jujur
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Produk (laporan hasil diskusi)
No
|
Nama
|
Laporan Hasil Diskusi
Kelompok
|
||||||
Ketepatan waktu
mengumpulkan
|
Kerapihan Catatan
|
Kelengkapan
|
Ketepatan Analisis
|
Kedalaman isi analisis
|
Sistematika
|
Total
Nilai
|
||
1
2
|
…….
…….
|
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
pelajaran : Kewarganegaraan
Materi
Pokok : Demokrasi dalam berbagai
aspek
Kelas
/ Semeseter : VIII / 2
Waktu : 2 pert X 2 X 40 menit
Pertemuan
ke- : 6 dan 7
I.
Standar Kompetensi :
Memahami
pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
II. Kompetensi Dasar
:
Menunjukkan sikap
positif terhadap pelaksanaan demokrasi
dalam berbagai kehidupan
III.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat ,membuktikan demokrasi sudah ada pada
masyarakat adat Indonesia
2.
Siswa dapat menyebutkan contoh berdemokrasi dalam
pemerintahan
3.
Siswa dapat menyebutkan contoh demokrasi pada
pemerintahan desa
4.
Siswa dapat menyebutkan contoh berdemokrasi
dikeluarga
5.
Siswa dapat menyebutkan contoh berdemokrasi di
sekolah
6.
Siswa dapat menyebutkan contoh berdemokrasi di
masyarakat
IV. Indikator :
Setelah selesai
proses pembelajaran siswa dapat :
1.
Menunjukkan bahwa demokrasi sudah ada pada
masyarakat adat Indonesia
2.
Menunjukkan contoh sikap dan perilaku demokrasi di lingkungan keluarga
3.
Menunjukkan contoh sikap dan perilaku demokrasi di lingkungan sekolah
4.
Menunjukkan contoh sikap dan perilaku demokrasi di lingkungan masyarakat
5.
Mempraktekan pelaksanaan demokrasi dalam kehiudpan
sehari-hari
6.
Contoh-contoh sikap perilaku
yang bertentangan dengan Pancasila sebagai bentuk korupsi di Indonesia.
7.
Alasan orang tidak boleh
melakukan penggelapan, pemalsuan, pemborosan, kolusi, nepotisme, persaingan
tidak sehat, dsb.
8.
Pentingnya hidup mandiri,
disiplin, kerja keras, hemat dan bertanggung jawab dalam
menghadapi segala tantangan.
9.
V.
Pendekatan dan Model Pembelajaran :
Pendekatan : CTL, CL
Model :
Inquiry dan Simulasi
XI.
Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter
antara lain
·
Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang
Maha Esa.
·
Menghargai pendapat
·
Musyawarah untuk mufakat
·
Gotonh Royong
·
Patriotisme
·
Nasionalisme
·
Tanggung Jawab
·
Percaya Diri
VI.
Strategi dan
langkah-langkah pembelajaran :
Petemuan 1 :
No |
Kegiatan Belajar
|
Waktu (menit)
|
1
|
Pendahuluan :
a.
Mencek kehadiran siswa
b.
Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber belajar dan kesiapan belajarnya
c.
Apersepsi :
Guru mengaitkan
materi dengan bertanya apa yang anda rasakan bila orang tua anda demokratis.
d.
Pengetahuan Prasyarat :
Pelaksanaan
demokrasi berbagai aspek kehidupan poleksosbudkum.
e.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai
f.
Pejajagan materi dengan bertanya tentang , “Apa
contoh pelaksanaan demokrasi di rumah anda ?”
g.
Siswa duduk dalam kelompok yang telah dibentuk
sebelumnya.
h.
Semua siswa melantunkan “yel-yel” yang telah
dipersiapkan untuk membuat kelas belajar menjadi semangat
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mengeksplorasi pengamalan dan harapannya
tentang pelaksanaan kehidupan demokratis di lingkungan :
1.
Keluarga
2.
Sekolah
3.
Masyarakat
b.
Masing-masing siswa menempelkan hasil
pengerjaannya di panel dinding.
c.
Bersama guru menginventarisasi pelaksanaan
demokrasi di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
d.
Mengomentari dan memberikan solusi bagi pelaksanaan
demokrasi yang belum dilaksanakan dalam lingkungan tersebut.
|
50’
|
3
|
Penutup :
a.
Refleksi pembelajaran
b.
Tindak lanjut (penugasan):
Minggu depan
simulasi praktek pemilihan ketua OSIS.
Persiapkan :
1.
Panitia siding
2.
Syarat-syarat calon
3.
Pertanyaan Fit and profer tes
4.
Kartu suara/papan perhitungan.
|
20’
|
Petemuan 2 :
Model
Pembelajaran : Simulasi
Langkah-langkah
pembelajaran :
No |
Kegiatan Belajar
|
Waktu (menit)
|
1
|
Pendahuluan :
a.
Mencek Kehadiran siswa.
b.
Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber belajar dan kesiapan belajarnya
Yel-yel
c.
Appersepsi :
Guru menanyakan
persiapan simulasi dan menseting pelaksanaannya.
d.
Pengetahuan Prasyarat :
Pelaksanaan
demokrasi dalam kehidupan sehari-hari.
e.
Informasi tujuan yang ingin dicapai.
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti
a.
Siswa mensimulaskan tata cara pemilihan ketua
OSIS, dengan langkah-langkah :
1.
Menentukan syarat-syarat calon
2.
Memilih calon
3.
Fit and Profer tes calon
4.
Pelaksanaan
b.
Mengklarifikasi sikap-sikap demokratis dari
peserta yang calonnya tidak menang dalam pemilihan.
|
50’
|
3
|
Penutup :
a.
Refleksi
b.
Tindak lanjut (penugasan) : Ujian Blok 1 minggu
depan
|
20’
|
VII. Sarana dan Sumber
Pembelajaran
1.
Buku paket kewarganegaraan dengan multi sumber
2.
Lembar pengamatan
3.
Draf syarat-syarat dan fit and profer tes
4.
Kartu suara
VIII.
Penilaian dan Tindak Lanjut
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
1.
Menunjukkan contoh sikap dan perilaku demokrasi di lingkungan keluarga
2.
Menunjukkan contoh sikap dan perilaku demokrasi di lingkungan sekolah
3.
Menunjukkan contoh sikap dan perilaku demokrasi di lingkungan masyarakat
4.
Mempraktekan pelaksanaan demokrasi dalam kehiudpan
sehari-hari
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
|
Watak
kewarganegaraan dengan Analisis
pengalaman nilai sikap:
No
|
Pelaksanaan Demokrasi
|
Evaluasi Pelaksanaan
|
||||
Sl
|
Sr
|
Kd
|
Jr
|
Tp
|
||
1
|
Di rumah
:
1.
………………………………
2.
………………………………
3.
………………………………
4.
………………………………
5.
………………………………
|
|
|
|
|
|
2
|
Di
sekolah :
1.
………………………………
2.
………………………………
3.
………………………………
4.
………………………………
5.
………………………………
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: Sl (selalu), Sr (sering), Kd (kadang-kadang, Jr (jarang) dan Tp (tidak
pernah).
Keterampilan
Kewarganegaraan : Melalui hasil penilaian Simulasi
No
|
Nama
|
Aspek penilaian simulasi
|
Total
|
||
Minat / Motivasi
|
Sikap
|
Kesungguhan/ penghayatan
peran
|
|
||
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
pelajaran : Kewarganegaraan
Materi
Pokok : Kedaulatan rakyat dan sistem
permerintahan
Kelas
/ Semeseter : VIII / 2
Waktu : 4 X 40 menit
Pertemuan
ke- : 8 dan 9
I.
Standar Kompetensi :
·
Memahami
kedaulatan rakyat dan system pemerintahan di Indonesia.
II. Kompetensi Dasar
:
- Menjelaskan makna kedaulatan rakyat
III. Indikator :
Setelah selesai
proses pembelajaran siswa dapat :
1.
Menjelaskan arti dan pentingnya kedaulatan bagi
suatu Negara.
2.
Menjelaskan jenis kedaulatan
3.
Menjelaskan sifat kedaulatan
4.
Menjelaskan teori-teori kedaulatan
5.
Menjelaskan kedaulatan yang dianut Negara Indonesia
menurut UUD 1945.
6.
Contoh-contoh sikap perilaku
yang bertentangan dengan Pancasila sebagai bentuk korupsi di Indonesia.
7.
Alasan orang tidak boleh
melakukan penggelapan, pemalsuan, pemborosan, kolusi, nepotisme, persaingan
tidak sehat, dsb.
8.
Pentingnya hidup mandiri,
disiplin, kerja keras, hemat dan bertanggung jawab dalam
menghadapi segala tantangan.
.
IV. Materi
Pembelajaran :
1.
Pengertian kedaulatan
2.
Pentingnya kedaulatan bagi suatu bangsa dan Negara
3.
Jenis kedaulatan
4.
Teori-teori kedaulatan
5.
Kedaulatan yang dianut NKRI menurut UUD 1945.
V.
Pendekatan dan Model Pembelajaran :
Pendekatan : CTL, CL
Model :
Jigsaw
VI.
Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter
antara lain
·
Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang
Maha Esa.
·
Menghargai pendapat
·
Musyawarah untuk mufakat
·
Gotonh Royong
·
Patriotisme
·
Nasionalisme
·
Tanggung Jawab
·
Percaya Diri
Strategi dan
langkah-langkah pembelajaran :
Petemuan 1 :
No |
Kegiatan Belajar
|
Waktu (menit)
|
1
|
Pendahuluan :
a.
Mencek kehadiran siswa
b.
Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber belajar dan kesiapan belajarnya
c.
Pengetahuan Prasyarat :
Demokrasi dalam
berbagai aspek.
d.
Apersepsi :
Guru mengaitkan
materi dengan bertanya apakah hidup anda merasa diatur segala sesuatunya oleh
orang lain?
e.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai
f.
Pejajagan materi dengan bertanya apa arti
kedaulatan
g.
Siswa duduk dalam kelompok yang telah dibentuk
sebelumnya
h.
Semua siswa melantunkan “yel-yel” yang telah
dipersiapkan untuk membuat kelas belajar menjadi semangat
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti
Kelompok cooperative
(awal) :
a.
Masing-masing siswa dalam kelompoknya menerima
potongan kartu masalah yang berbeda warnanya.
b.
Masing-masing siswa membentuk kelompok baru sesuai
dengan kesamaan kartu masalah yang harus diselesaikan.
Kelompok Ahli :
a.
Masing-masing kelompok yang baru, mendiskusikan
masalah yang sama sesuai yang tertulis dalam kartu masalah, masing-masing
kartu yaitu:
1.
Definisi dan arti pentingnya kedaulatan bagi suatu
bangsa dan Negara
2.
Jenis kedaulatan
3.
Sifat-sifat kedaulatan
4.
Teori-teori kedaulatan
5.
Kedaulatan yang dianut Negara RI
menurut UUD 1945.
b.
Tiap siswa membuat intisari hasil diskusi untuk
dijelaskan kembali kepada kelompok awal.
Kelompok kooperatif 5
serangkai :
a.
Masing-masing siswa kembali ke kelompok awal untuk
menginformasikan hasil pembahasannya secara bergiliran
|
50’
|
3
|
Penutup :
a.
Refleksi pembelajaran dan persiapan presentasi
minggu depan
b.
Tindak lanjut (penugasan): bagi tugas masing-masing
untuk presentasi supaya efektif.
|
20’
|
Petemuan 2 :
No |
Kegiatan Belajar
|
Waktu (menit)
|
1
|
Pendahuluan :
a.
Mencek Kehadiran siswa.
b.
Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber belajar
dan kesiapan belajarnya
c.
Apersepsi :
Guru
menanyakan tugas untuk presentasi dan menseting pelaksanaannya.
d.
Siswa duduk dalam kelompok yang telah dibentuk
sebelumnya
e.
Semua siswa melantunkan “yel-yel” yang telah
dipersiapkan untuk membuat kelas belajar menjadi semangat
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti
Kelompok kooperatif 5
serangkai :
a.
Masing-masing kelompok mempresentasikan semua
masalah yang telah dibahas di depan kelas secara bergiliran.
b.
Kelompok lain memberikan tanggapan
c.
Klarifikasi dan pembenaran tentang masalah yang
dibahas.
|
50’
|
3
|
Penutup :
a.
Tunjuk salah seorang siswa untuk merefleksi
tentang materi yang telah dibahas bersama.
b.
Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan
siswa.
c.
Tindak lanjut (penugasan) :
Pelajari materi
lembaga pemegang kedaulatan rakyat menurut UUD 1945.
Informasi model
pembelajaran SGM (Students Group Moving)
|
20’
|
VII. Sarana dan Sumber
Pembelajaran
1. Kartu masalah
yang berbeda warna
2. UUD 1945
3. Buku paket
kewarganegaraan dengan multi sumber
4.
Lembar pengamatan.
VIII.
Penilaian
dan Tindak Lanjut
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
1. Menjelaskan
arti dan pentingnya kedaulatan bagi suatu Negara.
2. Menjelaskan
jenis kedaulatan
3. Menjelaskan
sifat kedaulatan
4. Menjelaskan
teori-teori kedaulat an
5. Menjelaskan
kedaulatan yang dianut Negara Indonesia
menurut UUD 1945.
|
Tes Lisan
|
Uraian
|
1.
Apa arti kedaulatan
2.
Apa pentingnya kedaulatan bagi suatu Negara
3.
Kedaulatan itu ada kedaulatan kedalam dan keluar.
Jelaskan !
4.
Bagaimana sifat kedaulatan?
5.
Ada beberapa teori
kedaulatan, jelaskan!
6. Negara Indonesia
menganut teori kedaulatan rakyat, kedaulatan hokum dan kedaulatan Tuhan.
Jelaskan, dan berikan buktinya menurut UUD 1945!
|
1.
Kinerja (kemampuan berdiskusi, kerja kelompok,
presentasi laporan dan menanggapi)
No
|
Nama
|
Aktivitas Dalam
Pembelajaran
|
Total
|
||||||
Minat / Motivasi
|
Menanggapi
|
Bertanya
|
Kreativitas
|
Kerjasama
|
Kesungguhan &
Partisipasi
|
Sikap berpendapat
|
|||
1
|
…….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Tes :
3.
Produk (laporan hasil diskusi)
No
|
Nama
|
Laporan Hasil Diskusi
Kelompok
|
||||||
Ketepatan waktu
mengumpulkan
|
Kerapihan Catatan
|
Kelengkapan
|
Ketepatan Analisis
|
Kedalaman isi analisis
|
Sistematika
|
Total
Nilai
|
||
1
2
|
……
……
|
|
|
|
|
|
|
|
RANCANGAN
PROGRAM REMEDIAL
Terdapat
empat langkah utama dalam mendiagnosa dan memperbaiki kesulitan belajar :
1.
Menentukan siswa mana yang
mengalami kesulitan belajar
2.
Menentukan wujud khusus dari
kesulitan belajar itu
3.
Menentukan faktor penyebab
kesulitan belajar
4.
Menetapkan prosedur remedial yang
sesuai
Jika
permasalahan yang ditemukan adalah :
1.
Siswa mengalami kesulitan dalam
mencapai kompetensi yang telah ditetapkan atau tidak paham/tidak jelas pada
materi (siswa yang belum tuntas sedikit atau banyak), maka akan menggunakan
media grafis untuk memberikan gambaran yang lebih jelas atau terperinci dari
materi ajar yang telah diberikan.
2.
Jika masalah yang ditemukan karena siswa tidak belajar, maka bentuk
remedial yang akan dilakukan adalah dengan re-testing (ujian ulang).
3.
Atau kegiatan remedial lain yang
sesuai dengan jenis kesulitan yang
dihadapi siswa.
RANCANGAN
PROGRAM PENGAYAAN
Pengayaan
diberikan kepada siswa yang telah mencapai KKM yang telah ditentukan.
Jenis
pengayan yang akan dilakukan adalah :
1.
Siswa secara berkelompok dengan
anggotanya maksimal 3 orang mencari berita di Koran majalah internet tentang .
2.
Siswa diminta untuk memberikan
komentar dari berita di Koran, majalah, dan TV berupa:
3.
Pengayaan, dapat dilakukan berbeda
antar siswa atau kelompok siswa.
Misalnya,
siswa yang memperoleh KKM ≥ 65-79 diberi
pengayaan berbeda dengan siswa yang memperoleh KKM di atas ≥ 80.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : Kewarganegaraan
Materi Pokok : Kedaulatan Rakyat dan
Sistem Pemerintahan
Kelas / Semeseter : VIII / 2
Waktu : 8 X 40 menit
Pertemuan ke- : 10,11,12 dan 13
I.
Standar Kompetensi :
Memahami
kedaulatan rakyat dan system pemerintahan
II. Kompetensi Dasar
:
Mendeskripsikan
system pemerintahan Indonesia
dan peran lembaga Negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat.
III. Tujuan
Pembelajaran
1. Mendeskripsikan
system pemerintahan Indonesia
menurut UUD 1945.
2. Membandingkan
pelaksanaan system presidensial dengan system parlementer
3. Menggambarkan
bagan system ketatanegaraan Indonesia
menurut UUD 1945.
4. Menguraikan
fungsi peran dan kedudukan lembaga-lembaga pemegang kedaulatan rakyat menurut
UUd 1945.
2. Contoh-contoh sikap perilaku yang bertentangan dengan Pancasila sebagai
bentuk korupsi di Indonesia.
3. Alasan orang tidak boleh melakukan penggelapan, pemalsuan, pemborosan,
kolusi, nepotisme, persaingan tidak sehat, dsb.
4. Pentingnya hidup mandiri, disiplin, kerja keras, hemat dan bertanggung
jawab dalam menghadapi segala tantangan.
IV. Materi
Pembelajaran :
1. Sistem
pemerintahan menurut UUD 1945
2. Perbandingan
system presidensial dan parlementer
3. Sistem ketatanegaraan
Indonesia
menurut UUD 1945.
4. Lembaga-lembaga
pemegang kedaulatan rakyat menurut UUD 1945
V.
Pendekatan dan Model Pembelajaran :
Pendekatan : CTL dan JL
Model : SGM (Students Group Moving)
(Pergerakan Kelompok Siswa-Siswa)
VI.
Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter
antara lain
·
Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang
Maha Esa.
·
Menghargai pendapat
·
Musyawarah untuk mufakat
·
Gotonh Royong
·
Patriotisme
·
Nasionalisme
·
Tanggung Jawab
·
Percaya Diri
Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan ke-1:
No |
Kegiatan Belajar
|
Waktu (menit)
|
1
|
Pendahuluan :
a.
Cek absensi siswa
b.
Seting ruang dan kesiapan belajar siswa
c.
(Persiapan alat tulis, buku sumber dan motivasi
belajar)
d.
Apersepsi :
(Guru
mengkontekstualkan materi kedaulatan dengan kemandirian berperilaku di rumah.)
e.
Kemampuan prasyarat :
Memahami materi
Makna Kedaulatan Rakyat
f.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai
g.
Penjajagan materi tentang apa system pemerintahan
menurut pasal 17 UUD 1945.
h.
Siswa menseting bergabung berkelompok
i.
Siswa meneriakkan yel-yel.
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti :
1. Tahap Orientasi
(Pemilihan Materi Kajian) :
a.
memilih undian topic kajian, melalui panel dll.
b.
mengkonstruksi kosep dan pengalaman awal dari
materi yang telah dipilih
c.
siswa setiap kelompok mendapatkan satu set lembar
kertas kerja.
2.
Tahap Quetioning (membuat pertanyaan)
a.
Siswa membuat pertanyaan berkelompok sejumlah
(jumlah kelompok dikurangi satu)
b.
setiap kelompok membuat rambu-rambu jawaban dari
pertanyaan yang dibuatnya.
c.
Lembar kerja disimpannya di meja kerja
masing-masing.
d.
Siswa merayakan kelompok secara berurut yang telah
selesai membuat pertanyaan dengan tepuk pramuka *)
e.
Guru mengacak lembar kerja pertanyaan dengan
lembar kerja di meja kerja kelompok lain.
3.
Tahap Moving & Answering (pergerakan &
menjawab soal)
a.
Setiap kelompok bergerak menjawab satu pertanyaan
pada setiap meja kerja.
b.
Setiap menyelesaikan satu pertanyaan pada satu
meja kerja, siswa meneriakkan tepuk pramuka *)
c.
Siswa merayakan kelompok secara berurut yang telah
selesai menjawab pertanyaan.
|
50’
|
3
|
Penutup :
a.
Menanyakan kesan dan saran pembelajaran hari itu.
b.
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·
Setiap kelompok berbagi tugas
untuk mempresentasikan hasil jawaban kelompok lain yang ditulis di Lembar
Kerjanya.
|
20’
|
Pertemuan ke-2 :
No |
Kegiatan Belajar
|
Waktu (menit)
|
1
|
Pendahuluan :
a.
Cek absensi siswa
b.
Seting ruang dan kesiapan belajar siswa
(Persiapan alat
tulis, buku sumber dan motivasi belajar)
c.
Apersepsi :
(Guru
menanyakan kesiapan untuk presentasi)
d.
Informasi tujuan yang ingin dicapai
e.
Siswa menseting bergabung berkelompok
f.
Siswa meneriakkan yel-yel.
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti :
Tahap
Argumentatif (presentasi dalam diskusi kelas).
a.
Setiap kelompok mempresentasikan kajian lembar
kerja yang diisi jawabannya oleh kelompok lainnya.
b.
Klarifikasi setiap kelompok atas penilaian jawaban
kelompok lainnya.
Tahap Evaluasi
& Rekonstruksi konsep
a.
Siswa bersama guru mengklarifikasi kebenaran data
dan jawaban yang dibuat.
b.
setiap kelompok merevisi dan menyempurnakan
jawaban yang ada di lembar kerjanya masing-masing.
|
50’
|
3
|
Penutup :
a.
Refleksi pembelajaran.
b.
Pemantapan materi dengan penyimpulan semua.
c.
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
Pelajari kembali materi di atas,
minggu depan akan menggunakan model pembelajaran yang sama (SGM) dengan
undian materi yang berbeda.
|
20’
|
Pertemuan ke-3:
No |
Kegiatan Belajar
|
Waktu (menit)
|
1
|
Pendahuluan :
a.
Cek absensi siswa
b.
Seting ruang dan kesiapan belajar siswa
c.
(Persiapan alat tulis, buku sumber dan motivasi
belajar)
d.
Apersepsi :
(Guru
mengaitkan kesan pembelajaran minggu lalu dengan materi hari itu.)
e.
Kemampuan prasyarat :
Memahami materi
Makna Kedaulatan Rakyat
f.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai
g.
Siswa menseting bergabung berkelompok
h.
Siswa meneriakkan yel-yel.
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti :
1.
Tahap Orientasi :
a.
memilih undian topic kajian
b.
mengkonstruksi kosep dan pengalaman awal dari
materi yang telah dipilih
c.
siswa setiap kelompok mendapatkan satu set lembar
kertas kerja.
2.
Tahap Quetioning (membuat pertanyaan)
a.
Siswa membuat pertanyaan berkelompok sejumlah
(jumlah kelompok dikurangi satu)
b.
setiap kelompok membuat rambu-rambu jawaban dari
pertanyaan yang dibuatnya.
c.
Lembar kerja disimpannya di meja kerja
masing-masing.
d.
Siswa merayakan kelompok secara berurut yang telah
selesai membuat pertanyaan dengan tepuk pramuka*)
e.
Guru mengacak lembar kerja pertanyaan dengan
lembar kerja di meja kerja kelompok lain.
3. Tahap Moving & Answering (pergerakan
& menjawab soal)
a.
Setiap kelompok bergerak menjawab satu pertanyaan
pada setiap meja kerja.
b.
Setiap menyelesaikan satu pertanyaan pada satu
meja kerja, siswa meneriakkan yel-yel.
c.
Siswa merayakan kelompok secara berurut yang telah
selesai menjawab pertanyaan dengan tepuk pramuka*)
|
50’
|
3
|
Penutup :
a.
Menanyakan kesan dan saran pembelajaran hari itu
dibanding dengan SGM sebelumnya.
b.
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·
Setiap kelompok berbagi tugas
untuk mempresentasikan hasil jawaban kelompok lain yang ditulis di Lembar
Kerjanya.
|
20’
|
Pertemuan ke-4 :
No |
Kegiatan Belajar
|
Waktu (menit)
|
1
|
Pendahuluan :
a.
Cek absensi siswa
b.
Seting ruang dan kesiapan belajar siswa
(Persiapan alat
tulis, buku sumber dan motivasi belajar)
c.
Apersepsi :
(Guru
menanyakan kesiapan untuk presentasi)
d.
Siswa menseting bergabung berkelompok
e.
Siswa meneriakkan yel-yel.
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti :
Tahap
Argumentatif (presentasi dalam diskusi kelas).
a. Setiap kelompok
mempresentasikan kajian lembar kerja yang diisi jawabannya oleh kelompok
lainnya.
b. Klarifikasi
setiap kelompok atas penilaian jawaban kelompok lainnya.
Tahap Evaluasi
& Rekonstruksi konsep
a.
Siswa bersama guru mengklarifikasi kebenaran data
dan jawaban yang dibuat.
b. Setiap kelompok
merevisi dan menyempurnakan jawaban yang ada di lembar kerjanya
masing-masing.
|
50’
|
3
|
Penutup :
a.
Refleksi pembelajaran.
b.
Pemantapan materi dengan penyimpulan semua.
c.
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
Pelajari
|
20’
|
7.
Media dan Sumber Pembelajaran
a. Buku paket
kewarganegaraan dengan multi sumber
b. Koran, majalah
dll
c. Panel pilihan
topic pembelajaran
d. Kertas kerja
pertanyaan siswa
e. Lembar pengamatan
belajar siswa
8.
Penilaian dan Tindak Lanjut
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
a.
Mendeskripsikan system pemerintahan Indonesia
menurut UUD 1945.
b.
Membandingkan pelaksanaan system presidensial
dengan system parlementer
c.
Menggambarkan bagan system ketatanegaraan Indonesia
menurut UUD 1945.
d.
Menguraikan fungsi peran dan kedudukan lembaga-lembaga
pemegang kedaulatan rakyat menurut UUd 1945.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
1.
Apa system pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945
pasal 17?
2.
Apa perbedaan system presidensial dengan
parlementer?
3.
Siapakah pemegang kedaulatan
di negara RI?
4.
Sebutkan dasar keberadaan MPR
menurut UUD 45?
5.
Apa tugas dan kewenangan MPR
menurut UUD 45.
6.
Bagaimana keanggotaan MPR?
7.
Pasal berapa tentang kedudukan DPR?
8.
Apa 3 fungsi DPR menurut UUD
45?
9.
Keanggotaan DPR dipilih
melalui apa?
10. Apa tugas dan wewenang DPD?
11. Bagaimana
proses pencalonan dan pemilihan presiden?
12. Siapa yang dapat menjadi presiden RI?
13. Pasal berapa
yang mengatur kedudukan BPK
14. Apa tugas
wewenang BPK?
15. Apa tugas
wewenang MA?
16. Apa tugas
wewenang MK
17. Apa tugas
wewenangKY
18. Apa tugas dan
wewenang KPU
|
Isilah bagan berikut ini:
No
|
Sistem Pemerintahan
|
Pertanggungjawaban Kabinet
(Menteri)
|
Kepala Pemerintahan
|
1
|
Kabinet Presidesial
|
|
|
2
|
Kabinet Parlementer
|
|
|
a.
Lembar Pengamatan Sikap dan Minat (
PBM pert 1 dan 2 ; dalam setiap 10 menit), dg format :
No
|
Nama Kel.
|
Nama Siswa
|
Perhatian (minat & sikap) tiap 10 menit
|
Minat &Sikap
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
- (%)
|
+ (%)
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator minat dan sikap :
a.
bermain-main
b.
Mengantuk
c.
tertawa-tawa
d.
Mengobrol
e.
tidak perhatian
f.
tidak ikut terlibat dalam kegiatan kelompok/ acuh
b.
Lembar Pengamatan Diskusi (TM 1 dan
2),dengan format :
No
|
Nama Kel
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Nilai
|
Ketuntasan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator aspek
yang dinilai :
a. Menyampaikan
pendapat dengan sopan
1) memberi salam
2) bahasa sopan dan
santun
b. Menghormati
pendapat orang lain
1) tidak memotong
pembicaraan
2) tidak mencela
pendapat orang lain
c. Berpendapat
secara bertanggung jawab
1) tidak menghina
berbau SARA
2) isi pendapat
tidak bertentangan dengan norma
d. Berpendapat
berasas mufakat
1) mencari solusi
atas masalah
2) bermanfaat bagi
kepentingan orang banyak
e. mengambil
keputusan bijaksana
1) tidak memaksakan
kehendak
2)
mengutamakan musyawarah mufakat
c. Produk (laporan
hasil lembar kerja), dengan format:
No
|
Nama Kelompok
|
Nama Siswa
|
Laporan lembar kerja
|
||||
Isi & Kesesuaian
Pertanyaan
|
Tata bahasa
|
Keterkaitan dengan fakta
|
Isi & Kesesuaian
Jawaban
|
Total
Nilai
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : Kewarganegaraan
Materi Pokok : Kedaulatan Rakyat dan
Sistem pemerintahan
Kelas / Semeseter : VIII / 2
Waktu : 4X 40 menit
Pertemuan ke- : 14 dan 15
I.
Standar Kompetensi :
Memahamai
kedaulatan rakyat dan system pemerintahan di Indonesia
II. Kompetensi Dasar
:
Menunjukkan sikap
positif terhadap kedaulatan rakyat dan system pemerintahan Indonesia.
III. Indikator.
Setelah proses
pembelajaran selesai siswa dapat :
- Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan system pemerintahan Indonesia.
- Contoh-contoh sikap perilaku yang bertentangan dengan Pancasila sebagai bentuk korupsi di Indonesia.
- Alasan orang tidak boleh melakukan penggelapan, pemalsuan, pemborosan, kolusi, nepotisme, persaingan tidak sehat, dsb.
- Pentingnya hidup mandiri, disiplin, kerja keras, hemat dan bertanggung jawab dalam menghadapi segala tantangan.
IV. Materi
Pembelajaran :
1.
Sikap positif terhadap proses kedaulatan
2.
Prinsip kedaulatan yang harus diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari.
V. Pendekatan dan
Model Pembelajaran
Pendekatan : CTL, CL dan JL
Model :
Problem solving
VI.
Langkah langkah pembelajaran berbasis nilai karakter
antara lain
·
Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang
Maha Esa.
·
Menghargai pendapat
·
Musyawarah untuk mufakat
·
Gotonh Royong
·
Patriotisme
·
Nasionalisme
·
Tanggung Jawab
·
Percaya Diri
Strategi dan langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan1
No |
Kegiatan Belajar
|
Waktu (menit)
|
1
|
Pendahuluan :
a.
Mencek kehadiran siswa
b.
Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber belajar dan kesiapan belajarnya
c.
Pengetahuan Prasyarat :
Lembaga-lembaga
pemegang kedaulatan rakyat
d.
Apersepsi :
Guru bertanya tentang bagaimanakah
perasaan dan sikap kalian bila presiden dukungan anda kalah dalam pemilu.
e.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai dari
materi hari itu.
f.
Penjajagan materi dengan bertanya sikap yang
menjunjung proses kedaulatan rakyat.
g.
Siswa berkelompok sesuai dengan nomor urut yang
sama (sebagai variasi dari kelompok
terdahulu)
h.
Siswa meneriakan “yel-yel” untuk meningkatkan
semangat belajar.
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti :
a.
Tunjuk 2 orang siswa untuk membantu menempelkan
gambar/photo (diperbesar) tentang peristiwa masyarakat bentrok antar parpol
dalam kampanye/ adu jotos anggota DPR/dll*)
b.
Setiap kelompok merespon dengan memberikan
komentar sepintas tentang gambar yang ditayangkan.
c.
Setiap kelompok kemudian mengklarifikasi pemecahan
permasalahan yang dipandu guru, yakni :
1. Setujukan
kalian dengan tayangan gambar/wacana *)
2. Mengapa harus ada
kampanye sebelum pemilihan presiden/kepala daerah, dll*)
3. Mengapa antar
parpol pendukung sering terjadi bentrokan?
4. Bagaimana agar
antar parpol pendukung tidak bentrok?
5. Bagaimana peran
aparat keamanan (polisi) dalam hal ini?
6. Prinsip apa
yang harus dimiliki oleh masyarakat ketika calon yang didukungnya tidak
memenangi pemilihan?
|
50’
|
3
|
Penutup :
a.
Refleksi : Kesulitan yang dialami dalam mengkaji
masalah
Perenungan
bahwa kepemimpinan adalah amanat Allah, siapapun yang terpilih harus
dihormati sebagai bentuk demokrasi, tidak harus bentrokan.
b.
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
Lakukan
kunjungan kepada Kepala Desa kalian.
Buatlah
janji kapan/jam berapa anda dapat bertemu dengan Kepala Desa.
Berikut
adalah panduan pertanyaan wawancarannya:
1. Nama Bapak……
2. Kapan bapak terpilih sebagai Kades?
3. Berapa calon yang waktu itu ikut
pemilihan bersama bapak?
4. Siapakah yang bertugas melakukan
pemilihan Kades.
5. Dari mana biayanya.
6.
Bagaimana
proses pencalonannya?
7.
Bagaimana
tahapan seleksinya pemilihannya.
8.
Apa
saja syarat-syarat calon.
9.
Siapa
yang melantik jika menang dalam pemilihan.
10.
Kepada
siapakah Kades bertanggung jawab.
11.
Berapa
masa jabatan kepala desa?
12.
Bolehkah
calon kepala desa berasal dari luar desanya. Mengapa?
13.
Bagaimana
sikap bapak kepada orang-orang yang dulunya tidak mendukung pencalonan Bapak?
|
20’
|
Pertemuan 2
No |
Kegiatan Belajar
|
Waktu (menit)
|
1
|
Pendahuluan :
a.
Mencek kehadiran siswa
b.
Memotivasi kesiapan belajar siswa.
Mempersiapkan alat tulis, sumber belajar dan kesiapan belajarnya
c.
Apersepsi :
Guru bertanya tentang tugas
minggu lalu dan menseting presentasi tiap kelompok.
d.
Siswa meneriakan “yel-yel” untuk meningkatkan
semangat belajar.
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti :
a.
Setiap kelompok tampil untuk mempresentasikan
kajian masalah minggu lalu.
b.
Setiap kelompok merespon dengan memberikan
komentar/tanggapan
c.
Klarifikasi dan
pembenaran hasil diskusi dipandu guru
|
50’
|
3
|
Penutup :
a.
Tunjuk salah seorang siswa cerdas untuk merefleksi
tentang materi yang telah dibahas bersama.
b.
Siswa memberikan kesan terhadap pembelajaran hari
itu.
c.
Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahanan
siswa.
d.
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
Minggu
depan Ujian Blok II
|
20’
|
VI. Sarana dan Sumber
Pembelajaran
1.
Gambar/Photo masyarakat bentrok*)
2.
Wacana kampanye ricuh, dll*)
3.
Buku paket kewarganegaraan dengan
multi sumber
VII.
Penilaian dan Tindak Lanjut
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Menunjukkan sikap positif
terhadap kedaulatan rakyat dan system pemerintahan Indonesia.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
1. Apa sikap
positif warga Negara dalam proses pemilihan umum:
2. Siapakah yang
memilih kepala desa
3. Berapa lama
masa jabatan kepala desa
4. Apa syarat
pencalonan kepala desa
5. Kepada siapakah
kepala desa bertanggung jawab
|
1.
Kinerja :
No
|
Nama
|
Aktivitas Dalam
Pembelajaran
|
Total
|
||||||
Minat / Motivasi
|
Inisiatif / Kreativitas
|
Bertanya
|
Menjawab
|
Kerjasama
|
Kesungguhan &
Partisipasi
|
Sikap
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
Tes Kognitif :
Produk (laporan
hasil kunjungan) :
No
|
Nama
|
Laporan Hasil Diskusi
Kelompok
|
||||||
Ketepatan waktu
mengumpulkan
|
Kerapihan Catatan
|
Kelengkapan
|
Kejelasan sumber informasi
|
Kebenaran data
|
Sistematika
|
Total
Nilai
|
||
1
2
|
…….
…….
|
|
|
|
|
|
|
|
Bekasi,.... Juli 2012 Guru Bidang studi
Zainir,S.Pd
Nip,19670818
200701 1 021
Tidak ada komentar:
Posting Komentar