Senin, 14 September 2015

RAT SAT PKn di SD UT

RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)

Mata Kuliah
:
Pembelajaran PKn di SD
Kode MK
:
PDGK4201
Nama Tutor
:
Zainir, S. Pd., M. Pd.
Deskripsi Singkat MK
:
Mata kuliah ini menganalisis hakekat fungsi dan tujuan PKn di SD, karakteriristik PKn sebagai pendidikan nilai dan moral, keterkaitan PKn dengan bidang studi lain, konsep kebangsaan, HAM, penegakkan hukum, demokrasi, karakter warga negara yang berbhinika tuggal ika.
Kompetensi Umum
:
Mahasiswa mampu memahami, menerapkan dan mensimulasikan praktek pembelajaran di SD.

No
Kompetensi Khusus
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Metode Tutorial
Tugas Tutorial
Daftar Pustaka
Tutorial Ke
1

Mahasiswa dapat menjelaskan Hakekat, Fiungsi dan Tujuan pendidikan PKn di SD
Hakekat, Fiungsi dan Tujuan pendidikan PKn di SD
§  Orientasi perkuliahan di UT.
§  Hakekat, Tujuan dan Fungsi Pendidkan PKn di SD
§  Ruang Lingkup Pembelajaran PKn di SD
§  Tuntutan Pedagogis PKn di SD
Diskusi, Tanya Jawab

Tugas Partisipasi
Winataputra, Udin S. Dkk (2008). Materi Dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta. Universiatas Terbuka.
I
2
Mahasiswa dapat menguraikan karakterisrik PKn sebagai pendidikan Nilai dan Moral
Karakterisrik PKn sebagai pendidikan Nilai dan Moral
§  Pendekatan PKN sebagai pendidikan nilai dan moral.
§  Pendidikan nilai dan moral dalam standar isi
§  Hubungan interaktif pengembangan nilai dan moral

Ceramah dan Tanya Jawab.
Tugas Partisipasi
Winataputra, Udin S. Dkk (2008). Materi Dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta. Universiatas Terbuka.
II
Mahasiswa dapat menghubungkan antara  PKN dan IPS
Keterkaitan PKN dan IPS
§  Gambaran umum karakter PKN dan IPS
§  Keterkaitan PKN dan IPS
§  Hubungan bidang studi PKn dengan bidang studi lain.
3
Mahasiswa dapat menerapkan  konsep serta prinsip kepribadian nasional, semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara.
Mahasiswa dapat berprilaku sesuai konsep hak azasi manusia dalam UUD 1945
Konsep serta prinsip kepribadian nasional, semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara.
Konsep hak azasi manusia dalam UUD 1945
§  Konsep dan prinsip kepribadian nasional.
§  Konsep dan prinsip semangat kebangsaan
§  Konsep dan prinsip cinta tanah air dan bela negara
§  Pengertian HAM
§  HAM dalam UUD 1945
§  Kasus kasus barkaitan dengan HAM
Coopetratif Lerning
Tugas Tutorial ke 2.
Winataputra, Udin S. Dkk (2008). Materi Dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta. Universiatas Terbuka.
III
4
Mahasiswa dapat menguraikan tentang konsep penegakkan hukum di Indonesia
Konsep penegakkan hukum di Indonesia
§  Pengertian hukum
§  Penegakkan hukum di Indonesia
§  Kasus kasus yang berkaitan dengan hukum
Diskusi kelompok
Tugas Partisipasi
Winataputra, Udin S. Dkk (2008). Materi Dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta. Universiatas Terbuka.
IV
5
Mahasiswa dapat menerapkan materi konsep dan praktek demokrasi serta pendidikan demokrasi di Indonesia.
konsep dan praktek demokrasi serta pendidikan demokrasi di Indonesia.
§  Konsep demokrasi
§  Pendidikan demokrasi sebagai esensial PKn
§  Sekolah sebagai laboratorium demokrasi
Diskusi kelompok
Tugas Tutorial ke 2
Winataputra, Udin S. Dkk (2008). Materi Dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta. Universiatas Terbuka.
V
6
Mahasiswa dapat menghubungkan konsep, nilai, moral dan norma dengan tuntutan perilaku warga negara
Mahasiswa dapat menjelaskan materi dan pembelajaran model pembelajaran PKn tematis dan fortofolo
Karakteristik warga negara Indonesia dalam konteks individu yang berbhinika tunggal ika.

Konsep, nilai, moral dan norma dengan tuntutan perilaku warga negara
Model pembelajaran PKn tematis dan fortofolio
§  Konsep, nilai, moral dan norma ( KNML) dalam hubungan warga negara dengan negara
§  Konsep, nilai, moral dan norma ( KNML) dalam hubungan sesama warga negara
§  Konsep, nilai, moral dan norma ( KNML) dalam pengembangan komitmen bela negara
§  Langkah langkah pembelajar berbasis tematis dan fortofolio
§  Model pembelajar PKn tematis dan fortofolio

Diskusi kelompok















Tugas Partisipasi
Winataputra, Udin S. Dkk (2008). Materi Dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta. Universiatas Terbuka.
VI
7

Mahasiswa dapat mengaktualisasikan karakteristik warganegara Indonesia dalam konteks individu yang berbhinika tunggak ika.

§  Warga negara yang cerdas
§  Warganegara yang pertisipatif
§  Warganegara yang bertanggung jawab
§  Warga negara yang religius dan toleransi
Simulasi
Tugas Tutorial ke 3
Winataputra, Udin S. Dkk (2008). Materi Dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta. Universiatas Terbuka.
VII
8
Mahasiswa dapat mencontohkan materi model penilaian pembelajaran PKn di SD
Penilaian dalam Pendidikan Kewarganegaraan

§  Konsep dan prinsip penilaian PKn di SD
§  Berbagai alat Penilaian dalam PKn di SD
§  Model model alat penilaian PKn di SD
§  Penggunaan model alat penilaian PKn di SD
Diskusi, Tanya Jawab
Tugas Partisipasi
Winataputra, Udin S. Dkk (2008). Materi Dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta. Universiatas Terbuka.
VIII

Bekasi ...... Agustus 2015
Tutor



Zainir, M. Pd.



SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)

Tutorial Ke
:
I
Nama Mata Kuliah
:
Pembelajaran PKn di SD
Kode Mata Kuliah
:
PDGK 4201
Nama Pengembang
:
Zainir, S. Pd., M. Pd.

Kompetensi Umum
:
Mahasiswa dapat menjelaskan Hakekat, Fungsi dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan di SD
Kompetensi Khusus
:
§  Mahasiswa memahami Hakekat, Fungsi dan Tujuan pembelajar PKn.
§  Mahasiswa mampu menganalisa Ruang lingkup PKn di SD
§  Mahasiswa memahami dan mengaplikasikan tuntutan pedagogis PKn di SD
Pokok Bahasan
:
Hakekat, Fungsi dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan di SD
Sub Pokok Bahasan
:
§  Hakekat, Fungsi dan Tujuan pembelajar PKn.
§  Ruang lingkup PKn di SD
§  Tuntutan pedagogis PKn di SD

Tahapan Kegiatan Tutorial :


No
TAHAPAN
RINCIAN KEGIATAN
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
WAKTU
1
Persiapan Tutorial
-      Mempersiapkan SAT
-      Mempersiapkan artikel sejarah pembelajaran PKn
-      Mempersiapkan ruang lingkup PKn
-      mempersiapkan SK/ KD PKn
-      mempersiapkan alamat untuk mengunduh sejarah PKn
-      menyiapkan media seperti mkoran majalah, laptop LCD
Modul
Laptop
LCD

10
2
Kegiatan pendahuluan ( 5% s.d 10% dari waktu tutorial
1.   Tutor menyapa mahasiswa dengan ucapan selamat pagi, apa kabar atau assalamualaikum ww.
2.   Tutor bertanya kepada mahasiswa apakah ada kesulitan kesulitan mahasiswa dalam memahami mudul yang akan dibahas
3.   Bertanya kepada mahasiswa bagaimana pemahamanya setelah memmbaca modul
4.   Diharapkan mahasiswa dapat menyampaikan kesulitanya dalam memahami modul
5.   Tugaskan satu dua orang melaporkan hasil belajarnya, membacanya
6.   Tutor mendengarkan sambil mereviu
7.   Tutor menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tutorial
8.   Tutor menjelaskan tentang kompetensi yang akan dicapai

20
3
Kegiatan penyajian
1.   Tutor menyampaikan strategi tutorial selama 120 menit
2.   Membahas pokok bahasan dan meminta mahasiswa menjelaskan maknanya
3.   Tutor memaparkan ruang lingkup PKn
4.   Tutor meminta mahasiswa memaparkan pemahamanya terhadap materi

80


5.      Tutor membahas pokok bahasan berikutnya
6.      Tutor mengemukakan beberapa kasuus dan meminta mahasiswa menjelaskanya
7.      Tutor meminta mahasiswa berkelompok untuk membahas materi
8.      Tutor mengarahkan diskusi sesuai materi
9.      Mahasiswa memppresentasikan tugas diskusi.





10.  Membahas pokok bahasan ke 3 dan meminta mahasiswa menjelaskan makna isi modul tersebut
11.  Selama 10 menit mahasiswa disuruh membaca modul
12.  Presentasi di depan kelas




13.  Tutor menunjukkan tugas yang dikerjakan diluar kelas
14.  Tutor menjelaskan cara mengerjakan tugas
15.  Memberi kesempatan bertanya


4
Kegiatan Penutup 5 s.d 10 %  dari alokasi waktu
-      Tutor membuka kesempatan tanya jawab
-      Menutup kegiatan tutorial.


10

                                                            Bekasi, ...... April 2015.
Tutor



Zainir, S. Pd., M. Pd.
























SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)

Tutorial Ke
:
II

Nama Mata Kuliah
:
Pembelajaran PKn di SD

Kode Mata Kuliah
:
PDGK 4201

Nama Pengembang
:
Zainir, S. Pd., M. Pd.

Kompetensi Umum
:
Mahasiswa dapat menjelaskan materi dan pembelajaran Karakteristik PKn sebagai pendidikan Nilai dan Moral dan Hubungan PKn dan IPS






Kompetensi Khusus
:
Mahasiswa dapat menjelaskan:
§  Pendekatan PKn sebagai pendidikan nilai dan moral
§  Standar isi pendidikan nilai dan moral
§  Hubungan interaktif pendidikan nilai dan moral



§ Keterkaitan PKn dan IPS

Pokok Bahasan
:
§ Karakteristik PKn sebagai pendidikan Nilai dan Moral



§  

Sub Pokok Bahasan
:
§  Pendekatan PKn sebagai pendidikan nilai dan moral
§  Standar isi pendidikan nilai dan moral
§  Hubungan interaktif pendidikan nilai dan moral



§  Kterkaitan PKn dan IPS


Tahapan Kegiatan Tutorial :


No
TAHAPAN
RINCIAN KEGIATAN
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
WAKTU
1
Persiapan Tutorial
-      Mempersiapkan SAT
-      Mempersiapkan materi tentang pendekatan  nilai dan moral pembelajaran PKn
-      Mempersiapkan standar nilai PKn
-      mempersiapkan hubungan interaktif nilai dan moral PKn
-      mempersiapkan alamat untuk mengunduh nilai dan moral
-      menyiapkan media seperti mkoran majalah, laptop LCD
Modul
Laptop
LCD

10
2
Kegiatan pendahuluan ( 5% s.d 10% dari waktu tutorial
1.   Tutor menyapa mahasiswa dengan ucapan selamat pagi, apa kabar atau assalamualaikum ww.
2.   Tutor bertanya kepada mahasiswa apakah ada kesulitan kesulitan mahasiswa dalam memahami mudul yang akan dibahas
3.   Bertanya kepada mahasiswa bagaimana pemahamanya setelah memmbaca modul
4.   Diharapkan mahasiswa dapat menyampaikan kesulitanya dalam memahami modul
5.   Tugaskan satu dua orang melaporkan hasil belajarnya, membacanya
6.   Tutor mendengarkan sambil mereviu
7.   Tutor menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tutorial
8.   Tutor menjelaskan tentang kompetensi yang akan dicapai

20
3
Kegiatan penyajian
1.   Tutor menyampaikan strategi tutorial selama 120 menit
2.   Membahas pokok bahasan dan meminta mahasiswa menjelaskan maknanya
3.   Tutor memaparkan ruang lingkup PKn
4.   Tutor meminta mahasiswa memaparkan pemahamanya terhadap materi

80


5.      Tutor membahas pokok bahasan berikutnya
6.      Tutor mengemukakan beberapa kasuus dan meminta mahasiswa menjelaskanya
7.      Tutor meminta mahasiswa berkelompok untuk membahas materi
8.      Tutor mengarahkan diskusi sesuai materi
9.      Mahasiswa memppresentasikan tugas diskusi.





10.  Membahas pokok bahasan ke 3 dan meminta mahasiswa menjelaskan makna isi modul tersebut
11.  Selama 10 menit mahasiswa disuruh membaca modul
12.  Presentasi di depan kelas




13.  Tutor menunjukkan tugas yang dikerjakan diluar kelas
14.  Tutor menjelaskan cara mengerjakan tugas
15.  Memberi kesempatan bertanya


4
Kegiatan Penutup 5 s.d 10 %  dari alokasi waktu
-      Tutor membuka kesempatan tanya jawab
-      Menutup kegiatan tutorial.


10


                                                            Bekasi, ...... April 2015.
Tutor



Zainir, S. Pd., M. Pd.













SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)

Tutorial Ke
:
III
Nama Mata Kuliah
Kode Mata Kuliah
:
:
Pembelajaran PKn di SD
PDGK 4201



Nama Tutor
:
Zainir, S. Pd., M. Pd

Kompetensi Umum
:
Mahasiswa dapat menjelaskan materi Konsep serta Prinsip Kepribadian Nasional, Semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara.

Kompetensi Khusus
:
§  Mahasiswa mampu menjelaskn konsep dan prinsip kepribadian nasional.
§  Mahasiswa memahami materi konsep dan prinsip semangat kebansaan
§  Mahasiswa mampu memhami konsep cinta tanah air dan belanegara
§   

Pokok Bahasan
:
Materi Dan Pembelajaran Konsep dan prinsip kepribadian nasional, semangat kebangsaan dan prinsip cinta tanah air dan bela negara

Sub Pokok Bahasan



Tahapan Kegiatan Tutorial

:
§  Konsep dan prinsip kepribadian nasional.
§  Konsep dan prinsip semangat kebansaan
§  Konsep cinta tanah air dan belanegara




No
TAHAPAN
RINCIAN KEGIATAN
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
WAKTU

1
Persiapan Tutorial
-      Mempersiapkan SAT
-      Mempersiapkan materi tentang materi,konsep dan prinsip kepribadianan nasional.
-      Mempersiapkan konsep dan prinsip semangat kebangsaan
-      mempersiapkan konsep dan prinsip cinta tanah air
-      mempersiapkan alamat untuk mengunduh materi
-      menyiapkan media seperti koran majalah, laptop LCD
Modul
Laptop
LCD

10

2
Kegiatan pendahuluan ( 5% s.d 10% dari waktu tutorial
1.   Tutor menyapa mahasiswa dengan ucapan selamat pagi, apa kabar atau assalamualaikum ww.
2.   Tutor bertanya kepada mahasiswa apakah ada kesulitan kesulitan mahasiswa dalam memahami mudul yang akan dibahas
3.   Bertanya kepada mahasiswa bagaimana pemahamanya setelah memmbaca modul
4.   Diharapkan mahasiswa dapat menyampaikan kesulitanya dalam memahami modul
5.   Tugaskan satu dua orang melaporkan hasil belajarnya, membacanya
6.   Tutor mendengarkan sambil mereviu
7.   Tutor menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tutorial
8.   Tutor menjelaskan tentang kompetensi yang akan dicapai


20

3
Kegiatan penyajian
1.   Tutor menyampaikan strategi tutorial selama 120 menit
2.   Membahas pokok bahasan dan meminta mahasiswa menjelaskan maknanya
3.   Tutor memaparkan ruang lingkup PKn
4.   Tutor meminta mahasiswa memaparkan pemahamanya terhadap materi

80



5.      Tutor membahas pokok bahasan berikutnya
6.      Tutor mengemukakan beberapa kasuus dan meminta mahasiswa menjelaskanya
7.      Tutor meminta mahasiswa berkelompok untuk membahas materi
8.      Tutor mengarahkan diskusi sesuai materi
9.      Mahasiswa memppresentasikan tugas diskusi.






10.  Membahas pokok bahasan ke 3 dan meminta mahasiswa menjelaskan makna isi modul tersebut
11.  Selama 10 menit mahasiswa disuruh membaca modul
12.  Presentasi di depan kelas





13.  Tutor menunjukkan tugas yang dikerjakan diluar kelas
14.  Tutor menjelaskan cara mengerjakan tugas
15.  Memberi kesempatan bertanya



4
Kegiatan Penutup 5 s.d 10 %  dari alokasi waktu
-      Tutor membuka kesempatan tanya jawab
-      Menutup kegiatan tutorial.


10

                                                                                                         Bekasi, ...... April 2015.
Tutor



Zainir, S. Pd., M. Pd.













SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)

Tutorial Ke
:
IV
Nama Mata Kuliah
Kode Mata Kuliah
:
:
Pembelajaran PKn di SD
PDGK 4201



Nama Tutor
:
Zainir, S. Pd., M. Pd

Kompetensi Umum
:
Mahasiswa dapat menjelaskan materi Hak Azasi Manusia dalam UUD 1945
Kompetensi Khusus
:
§  Mahasiswa memahami pengertian hak azasi manusia.
§  Mahasiswa memahami hak azasi manusia dalam UUD 1945.
§  Mahasiswa mampu menjelaskn kasus kasus HAM
Pokok Bahasan
:
Materi Dan Pembelajaran Pancasila Dan UUD 1945.
Sub Pokok Bahasan
:
§  Pengertian Hak azasi manusia.
§  Hak azasi manusia dalamUUD 1945
§  Kasus kasus pelanggaran hak azasi manusia

Tahapan Kegiatan Tutorial

No
TAHAPAN
RINCIAN KEGIATAN
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
WAKTU
1
Persiapan Tutorial
-      Mempersiapkan SAT
-      Mempersiapkan materi tentang hak azasi manusia
-      Mempersiapkan materi pengertian hak azasi manusia
-      mempersiapkan alamat untuk mengunduh nilai dan moral
-      menyiapkan media seperti mkoran majalah, laptop LCD
Modul
Laptop
LCD

10
2
Kegiatan pendahuluan ( 5% s.d 10% dari waktu tutorial
1.   Tutor menyapa mahasiswa dengan ucapan selamat pagi, apa kabar atau assalamualaikum ww.
2.   Tutor bertanya kepada mahasiswa apakah ada kesulitan kesulitan mahasiswa dalam memahami mudul yang akan dibahas
3.   Bertanya kepada mahasiswa bagaimana pemahamanya setelah memmbaca modul
4.   Diharapkan mahasiswa dapat menyampaikan kesulitanya dalam memahami modul
5.   Tugaskan satu dua orang melaporkan hasil belajarnya, membacanya
6.   Tutor mendengarkan sambil mereviu
7.   Tutor menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tutorial
8.   Tutor menjelaskan tentang kompetensi yang akan dicapai


20
3
Kegiatan penyajian
1.   Tutor menyampaikan strategi tutorial selama 120 menit
2.   Membahas pokok bahasan dan meminta mahasiswa menjelaskan maknanya
3.   Tutor memaparkan ruang lingkup PKn
4.   Tutor meminta mahasiswa memaparkan pemahamanya terhadap materi

80


5.      Tutor membahas pokok bahasan berikutnya
6.      Tutor mengemukakan beberapa kasuus dan meminta mahasiswa menjelaskanya
7.      Tutor meminta mahasiswa berkelompok untuk membahas materi
8.      Tutor mengarahkan diskusi sesuai materi
9.      Mahasiswa memppresentasikan tugas diskusi.





10.  Membahas pokok bahasan ke 3 dan meminta mahasiswa menjelaskan makna isi modul tersebut
11.  Selama 10 menit mahasiswa disuruh membaca modul
12.  Presentasi di depan kelas




13.  Tutor menunjukkan tugas yang dikerjakan diluar kelas
14.  Tutor menjelaskan cara mengerjakan tugas
15.  Memberi kesempatan bertanya


4
Kegiatan Penutup 5 s.d 10 %  dari alokasi waktu
-      Tutor membuka kesempatan tanya jawab
-      Menutup kegiatan tutorial.


10


                                                                                                         Bekasi, ...... April 2015.
Tutor



Zainir, S. Pd., M. Pd.























SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)

Tutorial Ke
:
V
Nama Mata Kuliah
Kode Mata Kuliah
:
:
Pembelajaran PKn SD
PDGK 4201
SKS
:
3
Nama Tutor
:
Zainir, S. Pd., M. Pd

Kompetensi Umum
:
Mahasiswa dapat menjelaskan materi penegakkan hukum di Indonesia dan demokrasi
Kompetensi Khusus
:
§  Mahasiswa memahami materi pengertian hukum
§  Mahasiswa mampu memahami penegakkan hukum di Indonesia
§  Menjelaskan kasus kasus hukum di Indonesia
§  Mahasiswa memahami hakekat konsep demokrasi
§  Mahasiswa mampu membelajarkan pendidikan demokrasi sebagai esensial PKn
§  Mahasiswa mampu memahami dan mempraktekkan sekolah sebagai laboratoruium demokrasi
Pokok Bahasan
:
Materi Dan Pembelajaran penegakkan hukum di Indonesia dan konsep dan praktek demokrasi di Indonesia
Sub Pokok Bahasan
:
§  Pengertiah hukum
§  Penegakkan hukum di Indonesia
§  Kasus kasus yang berkaitan dengan hukum di Indonesia
§  Hakekat / konsep demokrasi
§  Pembelajaran Demokrasi sebagai esennsial PKn
§  Sekolah sebagai laboratorium demokrasi

Tahapan Kegiatna Tutorial

No
TAHAPAN
RINCIAN KEGIATAN
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
WAKTU
1
Persiapan Tutorial
-      Mempersiapkan SAT
-      Mempersiapkan materi tentang penegakkan hukum
-      Mempersiapkan artikel tentang pengertian hukum
-      mempersiapkan macam macam hukum
-      mempersiapkan alamat untuk mengunduh kasus hukum di Indonesia
-      menyiapkan media seperti mkoran majalah, laptop LCD
Modul
Laptop
LCD

10
2
Kegiatan pendahuluan ( 5% s.d 10% dari waktu tutorial
1.   Tutor menyapa mahasiswa dengan ucapan selamat pagi, apa kabar atau assalamualaikum ww.
2.   Tutor bertanya kepada mahasiswa apakah ada kesulitan kesulitan mahasiswa dalam memahami mudul yang akan dibahas
3.   Bertanya kepada mahasiswa bagaimana pemahamanya setelah memmbaca modul
4.   Diharapkan mahasiswa dapat menyampaikan kesulitanya dalam memahami modul
5.   Tugaskan satu dua orang melaporkan hasil belajarnya, membacanya
6.   Tutor mendengarkan sambil mereviu
7.   Tutor menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tutorial
8.   Tutor menjelaskan tentang kompetensi yang akan dicapai


20
3
Kegiatan penyajian
1.   Tutor menyampaikan strategi tutorial selama 120 menit
2.   Membahas pokok bahasan dan meminta mahasiswa menjelaskan maknanya
3.   Tutor memaparkan ruang lingkup PKn
4.   Tutor meminta mahasiswa memaparkan pemahamanya terhadap materi

80


5.      Tutor membahas pokok bahasan berikutnya
6.      Tutor mengemukakan beberapa kasuus dan meminta mahasiswa menjelaskanya
7.      Tutor meminta mahasiswa berkelompok untuk membahas materi
8.      Tutor mengarahkan diskusi sesuai materi
9.      Mahasiswa memppresentasikan tugas diskusi.





10.  Membahas pokok bahasan ke 3 dan meminta mahasiswa menjelaskan makna isi modul tersebut
11.  Selama 10 menit mahasiswa disuruh membaca modul
12.  Presentasi di depan kelas




13.  Tutor menunjukkan tugas yang dikerjakan diluar kelas
14.  Tutor menjelaskan cara mengerjakan tugas
15.  Memberi kesempatan bertanya


4
Kegiatan Penutup 5 s.d 10 %  dari alokasi waktu
-      Tutor membuka kesempatan tanya jawab
-      Menutup kegiatan tutorial.


10




                                                                                                         Bekasi, ...... April 2015.
Tutor



Zainir, S. Pd., M. Pd.










SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)

Tutorial Ke
:
VI
Nama Mata Kuliah
Kode Mata Kuliah
:
:
Pembelajaran PKn di SD
PDGK 4201
SKS
:
3
Nama Tutor
:
Zainir, S. Pd., M. Pd

Kompetensi Umum
:
Mahasiswa dapat menjelaskan materi hubungan konsep nilai moral dengan tuntutan prilaku, pembelajaran tematik dan portofolio
Kompetensi Khusus
:
§  Mahasiswa dapat menjelaskan konsep nilai, norma dan moral antara negara dan warga negara
§  Mahasiswa dapat menjelaskan konsep nilai, norma dan moral antara sesama warga negara
§  Mahasiswa dapat menjelaskan konsep nilai, norma dan moral dalam peningkatan bela negara
§  Mahasiswa dapat menjelaskan langkah langkah pembelajaran tematik
§  Mahasiswa dapat menjelaskan langkah langkah pembelajaran portofolio

Pokok Bahasan
:
materi hubungan konsep nilai moral dengan tuntutan prilaku, pembelajaran tematik dan portofolio
Sub Pokok Bahasan
:
§  konsep nilai, norma dan moral antara negara dan warga negara
§  menjelaskan konsep nilai, norma dan moral antara sesama warga negara
§  konsep nilai, norma dan moral dalam peningkatan bela negara
§  langkah langkah pembelajaran tematik
§  langkah langkah pembelajaran portofolio


Tahapan Kegiatan Tutorial

No
TAHAPAN
RINCIAN KEGIATAN
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
WAKTU
1
Persiapan Tutorial
-      Mempersiapkan SAT
-      Mempersiapkan materi tentang konsep nilai, norma dan moral antara negara dan warga negara
-      Mempersiapkan nilai, norma dan moral antara sesama warga negara
-      mempersiapkan materi tematik dan fortofolio
-      mempersiapkan alamat untuk mengunduh penerapan praktek tematik dan fortofolio
-      menyiapkan media seperti mkoran majalah, laptop LCD
Modul
Laptop
LCD

10
2
Kegiatan pendahuluan ( 5% s.d 10% dari waktu tutorial
1.   Tutor menyapa mahasiswa dengan ucapan selamat pagi, apa kabar atau assalamualaikum ww.
2.   Tutor bertanya kepada mahasiswa apakah ada kesulitan kesulitan mahasiswa dalam memahami mudul yang akan dibahas
3.   Bertanya kepada mahasiswa bagaimana pemahamanya setelah memmbaca modul
4.   Diharapkan mahasiswa dapat menyampaikan kesulitanya dalam memahami modul
5.   Tugaskan satu dua orang melaporkan hasil belajarnya, membacanya
6.   Tutor mendengarkan sambil mereviu
7.   Tutor menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tutorial
8.   Tutor menjelaskan tentang kompetensi yang akan dicapai


20
3
Kegiatan penyajian
1.   Tutor menyampaikan strategi tutorial selama 120 menit
2.   Membahas pokok bahasan dan meminta mahasiswa menjelaskan maknanya
3.   Tutor memaparkan ruang lingkup PKn
4.   Tutor meminta mahasiswa memaparkan pemahamanya terhadap materi

80


5.      Tutor membahas pokok bahasan berikutnya
6.      Tutor mengemukakan beberapa kasuus dan meminta mahasiswa menjelaskanya
7.      Tutor meminta mahasiswa berkelompok untuk membahas materi
8.      Tutor mengarahkan diskusi sesuai materi
9.      Mahasiswa memppresentasikan tugas diskusi.





10.  Membahas pokok bahasan ke 3 dan meminta mahasiswa menjelaskan makna isi modul tersebut
11.  Selama 10 menit mahasiswa disuruh membaca modul
12.  Presentasi di depan kelas




13.  Tutor menunjukkan tugas yang dikerjakan diluar kelas
14.  Tutor menjelaskan cara mengerjakan tugas
15.  Memberi kesempatan bertanya


4
Kegiatan Penutup 5 s.d 10 %  dari alokasi waktu
-      Tutor membuka kesempatan tanya jawab
-      Menutup kegiatan tutorial.


10


                                                                                                         Bekasi, ...... April 2015.
Tutor



Zainir, S. Pd., M. Pd.






SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)

Tutorial Ke
:
VII
Nama Mata Kuliah
Kode Mata Kuliah
:
:
 Pembelajaran PKn di SD
PDGK 4201



Nama Tutor
:
Zainir, S. Pd., M. Pd

Kompetensi Umum
:
Mahasiswa dapat memahami bagaimana karakteristik warga negara Indonesia dalam individu yang berbhinika tunggal ika.
Kompetensi Khusus
:
§  Mahasiswa dapat mejelaskan karakteristik warga negara yang cerdas
§  Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik warga negara yang partisipatif
§  Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik warganegara yang bertanggungjawab.
§  Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik warga negara yang religius dan bertanggungjawab.
Pokok Bahasan
:
Karakteristik warga negara Indonesia dalam konteks individu yang berbhinika tunggal ika.
Sub Pokok Bahasan
:
§  Warganegara yang cerdas
§  Warganegara yang partisipatif
§  Warganegara yang bertanggungjawab
§  Warganegara yang religius dan penuh toleransi
Tahapan Kegiatan Tutorial

No
TAHAPAN
RINCIAN KEGIATAN
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
WAKTU
1
Persiapan Tutorial
-      Mempersiapkan SAT
-      Mempersiapkan materi Karakteristik warga negara Indonesia dalam konteks individu yang berbhinika tunggal ika.
-      Mempersiapkan materi tentang warganegara yangf cerdas
-      Mempersiapkan konsep warganegara yang partisipatif, bertanggungjawab dan toleransi
-      mempersiapkan alamat untuk mengunduh warganegara yang cerdas.
-      menyiapkan media seperti mkoran majalah, laptop LCD
Modul
Laptop
LCD

10
2
Kegiatan pendahuluan ( 5% s.d 10% dari waktu tutorial
1.   Tutor menyapa mahasiswa dengan ucapan selamat pagi, apa kabar atau assalamualaikum ww.
2.   Tutor bertanya kepada mahasiswa apakah ada kesulitan kesulitan mahasiswa dalam memahami mudul yang akan dibahas
3.   Bertanya kepada mahasiswa bagaimana pemahamanya setelah memmbaca modul
4.   Diharapkan mahasiswa dapat menyampaikan kesulitanya dalam memahami modul
5.   Tugaskan satu dua orang melaporkan hasil belajarnya, membacanya
6.   Tutor mendengarkan sambil mereviu
7.   Tutor menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tutorial
8.   Tutor menjelaskan tentang kompetensi yang akan dicapai


20
3
Kegiatan penyajian
1.   Tutor menyampaikan strategi tutorial selama 120 menit
2.   Membahas pokok bahasan dan meminta mahasiswa menjelaskan maknanya
3.   Tutor memaparkan ruang lingkup PKn
4.   Tutor meminta mahasiswa memaparkan pemahamanya terhadap materi

80


5.      Tutor membahas pokok bahasan berikutnya
6.      Tutor mengemukakan beberapa kasuus dan meminta mahasiswa menjelaskanya
7.      Tutor meminta mahasiswa berkelompok untuk membahas materi
8.      Tutor mengarahkan diskusi sesuai materi
9.      Mahasiswa memppresentasikan tugas diskusi.





10.  Membahas pokok bahasan ke 3 dan meminta mahasiswa menjelaskan makna isi modul tersebut
11.  Selama 10 menit mahasiswa disuruh membaca modul
12.  Presentasi di depan kelas




13.  Tutor menunjukkan tugas yang dikerjakan diluar kelas
14.  Tutor menjelaskan cara mengerjakan tugas
15.  Memberi kesempatan bertanya


4
Kegiatan Penutup 5 s.d 10 %  dari alokasi waktu
-      Tutor membuka kesempatan tanya jawab
-      Menutup kegiatan tutorial.


10

                                                                                                                     Bekasi, ...... April 2015.
Tutor



Zainir, S. Pd., M. Pd.












SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)

Tutorial Ke
:
VIII
Nama Mata Kuliah
Kode Mata Kuliah
:
:
Pembelajaran PKn di SD
Kode Mata Kuliah



Nama Tutor
:
Zainir, S. Pd., M. Pd.

Kompetensi Umum
:
Mahasiswa memiliki kemampuan untuk merancang dan menerapkan prosedur dan alat penilaian dalam PKn di SD
Kompetensi Khusus
:
§  Mahasiswa  mampu menjelaskan konsep dan prinsip penilaian
§  Mahasiswa mampu merumuskan berbagai alat penilaian dalam PKn. Di SD
§  Mahasiswa mampu memilih model-model alat penilaian PKn
§  Mahasiswa mampu menggunakan alat penilaian PKn
Pokok Bahasan
:
Mahasiswa dapat menjelaskan materi dan penilaian dalam pendidikan kewarganegaraan.
Sub Pokok Bahasan
:
§  Mahasiswa memahami konsep dan prinsip penilaian
§  Mahasiswa mampu memahami berbagai alat penilaian dalam PKn.
§  Mahasiswa mampu memahami model-model alat penilaian PKn
§  Mahasiswa mampu menggunakan alat penilaian PKn
Tahapan Kegiatan Tutorial
No
TAHAPAN
RINCIAN KEGIATAN
MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
WAKTU
1
Persiapan Tutorial
-      Mempersiapkan SAT
-      Mempersiapkan materi tentang konsep dan prinsip penilaian
-      Mempersiapkan berbagai alat prnilaian PKn
-      mempersiapkan model pembelajaran PKn
-      mempersiapkan alamat untuk mengunduh nilai dan moral
-      menyiapkan media seperti mkoran majalah, laptop LCD
Modul
Laptop
LCD

10
2
Kegiatan pendahuluan ( 5% s.d 10% dari waktu tutorial
1.   Tutor menyapa mahasiswa dengan ucapan selamat pagi, apa kabar atau assalamualaikum ww.
2.   Tutor bertanya kepada mahasiswa apakah ada kesulitan kesulitan mahasiswa dalam memahami mudul yang akan dibahas
3.   Bertanya kepada mahasiswa bagaimana pemahamanya setelah memmbaca modul
4.   Diharapkan mahasiswa dapat menyampaikan kesulitanya dalam memahami modul
5.   Tugaskan satu dua orang melaporkan hasil belajarnya, membacanya
6.   Tutor mendengarkan sambil mereviu
7.   Tutor menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tutorial
8.   Tutor menjelaskan tentang kompetensi yang akan dicapai




20
3
Kegiatan penyajian
1.   Tutor menyampaikan strategi tutorial selama 120 menit
2.   Membahas pokok bahasan dan meminta mahasiswa menjelaskan maknanya
3.   Tutor memaparkan ruang lingkup PKn
4.   Tutor meminta mahasiswa memaparkan pemahamanya terhadap materi

80


5.      Tutor membahas pokok bahasan berikutnya
6.      Tutor mengemukakan beberapa kasuus dan meminta mahasiswa menjelaskanya
7.      Tutor meminta mahasiswa berkelompok untuk membahas materi
8.      Tutor mengarahkan diskusi sesuai materi
9.      Mahasiswa memppresentasikan tugas diskusi.





10.  Membahas pokok bahasan ke 3 dan meminta mahasiswa menjelaskan makna isi modul tersebut
11.  Selama 10 menit mahasiswa disuruh membaca modul
12.  Presentasi di depan kelas




13.  Tutor menunjukkan tugas yang dikerjakan diluar kelas
14.  Tutor menjelaskan cara mengerjakan tugas
15.  Memberi kesempatan bertanya


4
Kegiatan Penutup 5 s.d 10 %  dari alokasi waktu
-      Tutor membuka kesempatan tanya jawab
-      Menutup kegiatan tutorial.


10





Bekasi, ....... April 2015.
Tutor



Zainir, S. Pd., M. Pd.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar